Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama dalam Hampir Sedekade, Korsel dan Jepang Gelar Dialog Strategis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 16:10 WIB
Pertama dalam Hampir Sedekade, Korsel dan Jepang Gelar Dialog Strategis
Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Chang Ho-ji (kiri) berjabat tangan dengan rekannya dari Jepang, Masataka Okano, jelang dialog strategis di Seoul pada 5 Oktober 2023/Net
rmol news logo Para pejabat Korea Selatan dan Jepang menggelar dialog strategis pada Kamis (5/10) di Seoul, yang semakin menghiasi hubungan bilateral antar kedua negara, setelah sempat menegang selama beberapa tahun.

Menurut laporan dari kantor berita Yonhap, pejabat-pejabat kunci dari kedua negara ini bertemu untuk menjajaki berbagai isu yang mempengaruhi hubungan mereka.

"Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Chang Ho-jin bertemu dengan rekannya dari Jepang Masataka Okano di Seoul untuk melakukan dialog strategis pertama dalam sembilan tahun," bunyi laporan dari kantor berita Yonhap.

Mengutip Anadolu Agency, dialog strategis ini adalah yang pertama kalinya sejak 2014, yang menandai pembukaan baru dalam kerja sama antara kedua negara dan upaya konkret mereka dalam memperbaiki hubungan bilateral.

Korea Selatan dan Jepang diketahui telah memiliki hubungan yang buruk dan terus menegang selama beberapa tahun terakhir, namun, Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, yang memulai jabatannya pada Mei tahun ini, telah menunjukkan tekadnya untuk memperbaiki hubungan tersebut.

Langkah-langkah terbaru ini mencakup komitmen Korea Selatan untuk membayar para korban perselisihan perburuhan di masa lalu, melalui yayasan lokal.

Presiden Yoon juga melakukan kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu, membuatnya menjadi presiden Korea Selatan pertama yang melakukan kunjungan bilateral ke Jepang dalam 12 tahun terakhir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA