Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Catat Rekor Suhu Terpanas dalam Sejarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 17:25 WIB
Jepang Catat Rekor Suhu Terpanas dalam Sejarah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jepang mencatat rekor suhu terpanas dalam sejarah pada bulan September 2023. Tepatnya sejak Jepang mulai pencatatan 125 tahun yang lalu.

Badan Meteorologi Jepang pada Senin (2/10), suhu rata-rata bulan September yang terik itu 2,66 derajat Celcius lebih tinggi dari biasanya.

"Ini adalah angka tertinggi sejak dimulainya statistik pada tahun 1898," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip Channel News Asia.

Selama bulan September di seluruh Jepang, 100 dari 153 lokasi pengamatan memecahkan rekor suhu rata-rata, termasuk di Tokyo, dengan suhu tertinggi sepanjang masa sebesar 26,7 derajat Celcius, Osaka dengan 27,9 derajat Celcius, dan Nagoya dengan 27,3 derajat Celcius.

“Kalau ini bukan suhu tinggi yang tidak normal, saya tidak tahu apa itu,” kata pejabat badan cuaca, Masayuki Hirai.

Tahun ini diperkirakan akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah umat manusia seiring dengan semakin cepatnya perubahan iklim. Negara-negara seperti Austria, Prancis, Jerman, Polandia dan Swiss masing-masing mencatatkan rekor suhu terpanas pada bulan September.

Otoritas cuaca Prancis, Meteo-France, mengatakan rata-rata suhu di negara itu pada bulan September akan berkisar 21,5 derajat Celcius, antara 3,5 derajat Celcius dan 3,6 derajat Celcius di atas periode referensi tahun 1991 hingga 2020.

Inggris juga telah menyamai rekor suhu terpanas di bulan September sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

Copernicus Climate Change Service (C3S) Uni Eropa melaporkan suhu rata-rata global pada bulan Juni, Juli dan Agustus adalah 16,77 derajat Celcius. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA