Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Resepsi Hari Kemerdekaan di Kairo, Dubes Lutfi: Hubungan Indonesia dan Mesir Semakin Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 13:01 WIB
rmol news logo Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di taman Wisma Duta KBRI Kairo pada Senin (2/10). Resepsi ini juga sekaligus untuk memperingati HUT RI ke-78.

Para pejabat tinggi Mesir, diplomat dan atase pertahanan negara-negara asing di Mesir, nampak hadir dalam acara resepsi, termasuk juga para pengusaha, serta mitra kerja KBRI Kairo.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar RI, Lutfi Rauf, menceritakan bagaimana hubungan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Mesir terus menguat setiap harinya.

Dubes merujuk pada hasil kerja sama kedua negara di berbagai bidang, seperti perdagangan, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

Bahkan di masa sulit seperti pandemi, Mesir dan Indonesia disebut Dubes tetap berhasil meningkatkan nilai perdagangan bilateral sebesar 56 persen.

"Untuk itu, Mesir dan Indonesia harus percaya bahwa melalui komitmen, determinasi, serta kerja keras yang kuat, kedua negara juga akan bisa lulus menghadapi tantangan ekonomi global saat ini," kata dubes dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Duta Besar RI menyampaikan syukur bahwa Indonesia-Mesir akhirnya menandatangani MoU Pembentukan Komite Perdagangan Bersama di Kairo, pada Mei 2023 lalu.

Menurut Dubes, komite itu sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi besar yang masih belum termanfaatkan antara kedua negara.

Dubes juga menyoroti banyaknya mahasiswa Indonesia yang belajar di di Universitas Al-Azhar. Dia menyampaikan apresiasi dan berterimakasih karena masyarakat Mesir telah menyambut dan memberi mereka kesempatan tinggal dan belajar di sana.

"Saat ini terdapat 13.000 mahasiswa indonesia di Mesir yang mayoritas belajar di Universitas Al-Azhar," kata Dubes.

Melalui rilis yang dikeluarkan KBRI Kairo, resepsi itu digelar sekaligus untuk merayakan keberhasilan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Bersama dengan Dubes ASEAN di Kairo, Dubes Lutfi melakukan prosesi pemotongan kue berwarna merah putih.

Resepsi berlangsung meriah dengan penampilan lagu daerah dan tarian tradisional khas Indonesia. KBRI Kairo juga menghadirkan koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA