Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tentara PLA China Bikin Animasi Penyatuan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 11:31 WIB
Tentara PLA China Bikin Animasi Penyatuan Taiwan
Sosok elf atau peri yang ada di dalam animasi PLA China berjudul "Mimpi yang Menjadi Kenyataan di Sungai Fuchun” yang dipertontonkan kepada publik selama peringatan Hari Nasional pada Minggu, 1 September 2023/Net
rmol news logo Di peringatan Hari Nasional, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China di wilayah Timur meluncurkan film pendek animasi yang cukup kontroversial.

Pasalnya, animasi tersebut menggambarkan penyatuan Taiwan dengan China yang secara simbolis ditunjukkan melalui penyatuan kembali dua bagian lukisan yang terbagi dua sejak lebih dari 300 tahun lalu.

Mengutip First Post pada Selasa (3/10), film pendek yang dikeluarkan PLA itu diberi judul "Mimpi yang Menjadi Kenyataan di Sungai Fuchun” dan dipertontonkan kepada publik selama peringatan Hari Nasional pada Minggu (1/10).

Film tersebut menampilkan dua elf yang merepresentasikan fragmen lukisan Huang Gongwang, yang dirobek-robek pada abad ke-17 oleh salah satu pemiliknya.

Di akhir film, kedua tokoh protagonis bersatu dan secara ajaib memperbaiki lukisan itu.

Dalam animasi itu, PLA juga menambahkan cuplikan formasi jet tempur J-20 dan kapal induk sepanjang perjalanan dua elf untuk dijadikan sebagai pengingat visual dari medan pertempurannya.

Gulungan lukisan kecil sepanjang 51 cm bernama “Gunung yang Tersisa”, saat ini berada di Museum Provinsi Zhejiang di Hangzhou, China. Sementara “Gulungan Master Wuyong” sepanjang 640 cm telah disimpan oleh Museum Istana Nasional Taiwan sejak tahun 1950-an.

China pernah meminjam gulungan besar dari Taiwan selama dua bulan saat hubungan keduanya membaik pada 2011 lalu.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir hubungan keduanya memburuk. China bahkan meningkatkan latihan militernya di dekat Taiwan.

Secara bersamaan, China juga dilaporkan tengah mengembangkan rencana ambisius untuk menyatukan zona perekonomian provinsi Fujian dengan Taiwan.

Taipei tentu saja menolak tawaran tersebut meski Beijing menawarkan keuntungan ekonomi yang besar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA