Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keponakan John Kennedy Bakal Nyapres dari Jalur Independen, Suara Demokrat Terancam Terpecah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 September 2023, 07:26 WIB
Keponakan John Kennedy Bakal Nyapres dari Jalur Independen, Suara Demokrat Terancam Terpecah
Robert F. Kennedy Jr /Net
rmol news logo Bursa calon presiden Amerika Serikat 2024 semakin menarik dengan rencana majunya Robert F. Kennedy Jr dari jalur perseorangan.

Menurut laporan Mediaite, Jumat (29/9), Kennedy, yang saat ini mencalonkan diri sebagai penantang utama Joe Biden untuk nominasi Partai Demokrat, berencana mengumumkan pencalonannya sebagai calon independen dalam acara kampanye di Pennsylvania pada 9 Oktober mendatang.

Banyak yang berpendapat ini adalah langkah yang akan memicu kekhawatiran di kalangan Demokrat yang khawatir akan potensinya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, dan kemungkinan akan menimbulkan kekacauan pada bulan November 2024.

Kennedy mencerca Komite Nasional Partai Demokrat (DNC) karena menolak memberinya kesempatan yang adil untuk memenangkan nominasi partai tersebut, dan dia mengkritik Biden karena menolak menyetujui perlindungan Dinas Rahasia AS untuknya selama kampanye, meskipun ada banyak ancaman pembunuhan.

Kennedy, yang saat ini berusia 69 tahun adalah keturunan dinasti politik terkenal. Ia adalah putra mantan jaksa agung AS dan senator New York Robert F Kennedy, juga keponakan mantan presiden John F Kennedy.

Berbicara di balai kota di North Charleston, Carolina Selatan, minggu lalu, Kennedy mengatakan dia tetap membuka semua opsi ketika ditanya oleh seorang peserta apakah dia siap untuk menjalankan kampanye independen di tengah hambatan yang dirasakan oleh DNC, yang diklaim oleh tim kampanye tersebut dibangun untuk menggagalkan pencalonannya.

“Bobby merasa bahwa DNC mengubah peraturan untuk mengecualikan pencalonannya, jadi pencalonan independen adalah satu-satunya jalan keluar,” Mediaite mengutip kata-kata orang dalam tim kampanye Kennedy.

Pekan lalu, The New York Times melaporkan bahwa Kennedy telah bertemu dengan ketua Partai Libertarian, menyarankan bahwa ia mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden tanpa memenangkan nominasi Partai Demokrat.

Jika benar Kennedy maju sebagai calon independen, ini akan berpotensi mengurangi perolehan suara Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat dan meningkatkan peluang kemenangan Partai Republik.

Jajak pendapat Rasmussen Reports awal bulan ini menunjukkan bahwa 57 persen anggota Partai Demokrat berencana  memilih Biden dalam pemilihan pendahuluan partai tersebut, dibandingkan dengan 25 persen yang mendukung Kennedy.

Survei yang sama menemukan bahwa 33 persen pemilih Partai Demokrat kemungkinan akan mendukung Kennedy jika ia mencalonkan diri sebagai kandidat pihak ketiga pada pemilu November 2024 melawan Biden dan kandidat terdepan dari Partai Republik Donald Trump.

Jika benar demikian, itu akan membuat Biden kehilangan sekitar 27 juta suara yang ia peroleh pada pemilu tahun 2020. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA