Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Rusia Ingin Amerika Latin Kuat dan Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 September 2023, 07:03 WIB
Putin: Rusia Ingin Amerika Latin Kuat dan Mandiri
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato saat pembukaan konferensi parlemen internasional Rusia - Amerika Latin di Pillar Hall House of Unions di Moskow, Rusia, Jumat, 29 September 2023/Net
rmol news logo Moskow selalu siap untuk mendukung dan mengembangkan kerja sama bilateral dengan Amerika Latin. Presiden Vladimir Putin mengatakan, selain untuk kepentingan kedua belah pihak, hal itu semata untuk membuat Amerika Latin menjadi lebih kuat dan mandiri.

“Kami menganjurkan dan masih terus menganjurkan agar Amerika Latin menjadi kuat, mandiri dan berhasil dalam kesatuan dan keberagamannya. Untuk tujuan ini, kami siap untuk membangun kerja sama, baik secara bilateral
maupun dalam kerangka struktur internasional, dengan wilayah asosiasi integrasi Amerika Latin wilayah,” kata Putin pada pidato Konferensi Parlemen Internasional Rusia - Amerika Latin, Jumat (29/9).

Ia merujuk Komunitas Negara-negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC), Aliansi Bolivarian untuk Rakyat Amerika Kita (ALBA), dan Pasar Bersama Selatan (Mercosur).

Ia menambahkan bahwa Rusia akan membantu struktur-struktur tersebut di atas untuk membangun hubungan praktis dengan Uni Ekonomi Eurasia (EEU), untuk mengkoordinasikan isu-isu relevan mengenai kebijakan perdagangan, regulasi tarif, promosi investasi, dan transfer teknologi, seperti dikutip dari Sputnik.

Menurut Putin, negara-negara Amerika Latin memiliki keinginan untuk “mengejar kebijakan luar negeri yang berdaulat dan independen” dan mereka akan memiliki peran utama dalam politik global.

“Sikap ramah kami terhadap negara-negara di kawasan ini tercermin dalam kenyataan bahwa kami selalu siap membantu Amerika Latin,” kata Putin.

Konferensi Parlemen Internasional pertama Rusia-Amerika Latin diluncurkan pada Jumat dan akan berlangsung hingga Senin, dengan partisipasi lebih dari separuh negara Amerika Latin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA