Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bareng Bank Indonesia, KBRI Beijing Gali Potensi Kerja Sama Ekonomi Lewat Forum Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 28 September 2023, 19:49 WIB
Bareng Bank Indonesia, KBRI Beijing Gali Potensi Kerja Sama Ekonomi Lewat Forum Bisnis
KBRI Beijing dan Bank Indonesia menggelar Indonesia-China Business Forum 2023 dan Indonesia Night in Beijing pada 26 September 2023/Ist
rmol news logo Kedutaan Besar RI (KBRI) Beijing bersama Bank Indonesia bekerja sama untuk menggali potensi kerja sama ekonomi antara China dan Indonesia.

Kolaborasi ini diwujudkan dengan diselenggarakannya Indonesia-China Business Forum 2023 dan Indonesia Night pada Selasa (26/9) lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh 250 peserta dari kalangan pengusaha.

"Forum bisnis kali ini sebagai jembatan potensi kerja sama Indonesia dan Tiongkok yang tahun ini memasuki 10 tahun kemitraan komprehensif strategis," kata Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun.

Sementara itu, dalam paparannya, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan berbagai peluang investasi dan potensi ekonomi dua negara. Ia juga memaparkan peluang dan manfaat "Local Currency Transaction" secara gamblang.

Selain Perry Warjiyo yang hadir sebagai pembicara kunci, forum tersebut juga menghadirkan eputi Pendanaan dan Investasi OIKN, General Manager Wuling Automobile, Vice President CNGR International, hingga Senior VP Huayou Cobalt.

Di samping itu juga dilakukan penandatanganan sejumlah kesepakatan, meliputi Nota Kesepahaman (MoU) Pndirian Warisan Roemah Indonesia, MoU Pengembangan Indonesian Promotion Hub Hainan, LoI Indonesia Trading House Guangzhou dan LoI dari Tsinghua Unigroup.

Kegiatan kemudian ditutup dengan promosi kebudayaan melalui Indonesia Night.

Menurut Dubes Djauhari, ini adalah kali pertama Indonesia Night digelar di China sejak pandemi. Indonesia Night sendiri menampilkan kekayaan budaya, musik, tarian tradisional, dan kopi Indonesia.

Pada kesempatan itu, Perry Warjiyo memberikan token apresiasi berupa Wastra kepada 16 orang terpilih sebagai bentuk apresiasi atas sumbangsih dalam mempromosikan Indonesia di China.

Beberapa yang menerima apresiasi tersebut adalah Dubes Djauhari, Konjen RI Guangzhou, Sekjen ASEAN China Center, serta para budayawan, akademisi, dan bankir.

Indonesia Night dimeriahkan dengan penampilan teater musikal yang berjudul “Waradhana Candi Prambanan” yang dibawakan oleh Risnandar, dosen gamelan di Central Conservatory of Music (CCOM) dan muridnya yang merupakan warga negara China.

Terdapat pula penampilan dari Sanggar Tari Yingde Thousand Island Rainbow Art yang kelima penarinya merupakan warga negara China yang fasih berbahasa Indonesia. Hadir juga beberapa Youtuber Indonesia di China seperti Rudy Chen dan Yenny yang aktif mengenalkan Indonesia dan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA