Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Gelar Program Bahasa Indonesia dengan Peserta Asing Terbanyak, KBRI Seoul Cetak Rekor MURI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 27 September 2023, 23:15 WIB
Sukses Gelar Program Bahasa Indonesia dengan Peserta Asing Terbanyak, KBRI Seoul Cetak Rekor MURI
Pendiri MURI, Jaya Suprana memberikan penghargaan kepada Duta Besar RI di untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di Wisma Duta Besar Indonesia, Seoul pada Rabu, 27 September 2023/Ist
rmol news logo Kedutaan Besar RI (KBRI) di Seoul, Korea Selatan berhasil mencetak prestasi di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara program belajar Bahasa Indonesia dengan peserta penutur asing terbesar di dunia.

Pendiri MURI, Jaya Suprana datang langsung ke Wisma Duta Besar Indonesia di Seoul pada Rabu (27/9) untuk memberikan penghargaan tersebut kepada Duta Besar RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto.

"Atas prestasi KBRI Seoul dalam menyelenggarakan program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing secara daring di Perwakilan RI di luar negeri oleh peserta terbanyak, Museum Rekor Indonesia menganugerahkan Rekor kepada Duta Besar RI di Seoul," ujarnya dalam pernyataan resmi yang dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Menerima penghargaan MURI, Dubes Gandi mengatakan bahwa KBRI Seoul menyadari bahwa bahasa adalah salah satu upaya diplomasi. Sehingga mereka menjalankan program kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing secara daring sejak tahun 2021, bahkan di masa pandemi.

"Sungguh kami bersyukur dengan apresiasi yang telah disampaikan MURI atas kerja keras seluruh keluarga besar KBRI Seoul," kata Dubes.

Menurut Atase Pendidikan, Dr Gogot Suharwoto, sebelum diajukan ke MURI, KBRI Seoul telah menerima surat dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

"Surat tersebut berisi konfirmasi bahwa tercatat jumlah peserta terbesar telah mengikuti pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing oleh KBRI Seoul secara daring selama dua kali satu tahun," terangnya.

Selama acara penganugrahan tersebut, diselenggarakan konser mini menampilkan musisi Indonesia seperti Michael Anthony (pianis difabel yang telah menerima berbagai penghargaan dan tampil di pentas dunia), Natasha Djong (pianis cilik multi talenta), dan Daniel. Dari Korea Selatan, Profesor Seng Yong Choi telah menampilkan lantunan apik dari biola.

Turut hadir pula di antaranya Susi Sulistiyanto (istri Dubes RI di Seoul), Aylawati Sarwono (istri Jaya Suprana), Giok Hartono (istri Budi Hartono), Miing (MC dan komedian ternama).

Dalam kesempatan itu, Dubes Gandi juga mengundang seluruh hadirin untuk menghadiri dan meramaikan Festival Indonesia 2023 di Gwanghwamun Plaza, pusat kota Seoul 28-29 September mendatang.

Di Festival Indonesia 2023, Jaya Suprana dan tim Laskar Indonesia Pusaka, Armonia Choir, Michael Anthony, Natasha Djong, Kelompok Tari Bedhayan akan tampil pada  29 September 2023. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA