Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang KTT Iklim, Harga Hotel di Dubai Melonjak Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 27 September 2023, 13:42 WIB
Jelang KTT Iklim, Harga Hotel di Dubai Melonjak Tinggi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Semakin dekatnya penyelenggaraan konferensi iklim global COP28 ikut mempengaruhi tarif kamar hotel di Dubai.

Sebanyak 70.000 pengunjung dari seluruh dunia diperkirakan akan datang ke Uni Emirat Arab saat berlangsungnya KTT, yang akan berlangsung dari 30 November hingga 12 Desember.

Sejumlah pelaku bisnis perhotelan dan pakar industri memperkirakan tingkat hunian akan melonjak selama dua minggu acara yang akan menarik perhatian dunia ini.

Menurut The National, tarif kamar hotel untuk hari pembukaan COP28 akan naik hingga lima kali lipat dari harga saat ini.

“COP28 dikombinasikan dengan Hari Nasional UEA pada Sabtu, 2 Desember. Semua acara lainnya yang berlangsung di Dubai selama periode musim dingin yang sibuk, akan memastikan kota ini benar-benar sibuk dengan aktivitas,” kata Kostas Nikolaidis, Account Executive untuk Timur Tengah dan Afrika di penyedia analisis hotel STR.

“Dari sisi permintaan hotel, hampir 30 persen dari seluruh kamar hotel sudah dipesan baik untuk beberapa hari pertama COP28 maupun Malam Tahun Baru," ujarnya.

“Permintaan diperkirakan akan terus meningkat seiring semakin dekatnya kedua tanggal tersebut. Kedua tanggal tersebut tidak diragukan lagi akan menghasilkan kinerja luar biasa bagi industri hotel di Dubai," lanjut Nikolaidis.

Sejauh ini, malam dengan pemesanan terbanyak adalah pafa Sabtu (2/12), yang merupakan Hari Nasional. Hampir satu dari tiga kamar hotel di Dubai telah dipesan untuk malam itu – menurut data yang diberikan oleh perusahaan induk STR, CoStar.

Sekitar 32 persen dari seluruh kamar sudah dipesan di Dubai untuk malam pertama COP28, yaitu Kamis, 30 November 2023.

Angka itu meningkat menjadi 33 persen pada malam berikutnya.

“Kami melihat banyak minat terhadap periode COP28,” kata Paul Bridger, chief operating officer Rove Hotels.

“Rove Expo 2020, satu-satunya hotel di dalam lokasi COP28, sudah penuh dipesan," ujarnya.

“Mengingat acara tersebut jatuh pada periode yang sangat sibuk tahun ini, kami berharap semua Rove Hotel di Dubai beroperasi dengan tingkat hunian 100 persen pada tanggal COP28, dengan kapasitas kota secara keseluruhan hampir penuh," lanjut Bridger.

Seorang anggota staf hotel mengatakan, kamar standar di Rove Expo 2020, hotel tempat Cop28 berlangsung, berharga sekitar 1.500 dirham (6,3 juta rupiah) selama acara.

“Dengan tren saat ini kami memperkirakan tingkat hunian hotel akan berada di kisaran 95 persen,” kata Thomas Kurian, manajer hotel di Leva Hotels.

Menurut Bridger, pendorong utama di balik minat terhadap kamar hotel di Dubai selama COP28 adalah kelompok yang terhubung dengan pemerintah yang mengambil bagian dalam konferensi perubahan iklim.

“Sebagian besar pertanyaan datang dari kelompok pemerintah yang berpartisipasi, meskipun ada juga pertanyaan dari organisasi media, LSM, dan kelompok pendukung,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA