Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS dan Vietnam Negosiasi Perjanjian Transfer Senjata Besar-besaran, Termasuk Jet Tempur F-16

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 September 2023, 09:20 WIB
AS dan Vietnam Negosiasi Perjanjian Transfer Senjata Besar-besaran, Termasuk Jet Tempur F-16
Jet tempur F-16/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) dan Vietnam dilaporkan tengah menjajaki perjanjian transfer senjata terbesar dalam sejarah antara kedua negara.

Mengutip dua sumber, Reuters pada Minggu (24/9) mengungkap, perjanjian transfer senjata itu terkait dengan armada jet tempur F-16 yang disebut akan membantu Vietnam menghadapi ketegangan dengan Beijing di Laut China Selatan.

“Kami memiliki hubungan keamanan yang sangat produktif dan menjanjikan dengan Vietnam dan kami melihat pergerakan menarik dari mereka di beberapa sistem AS, khususnya apa pun yang dapat membantu mereka memantau wilayah maritim mereka dengan lebih baik, mungkin pesawat angkut dan beberapa platform lainnya," kata sumber tersebut.

Kesepakatan ini masih dalam tahap awal, belum ada ketentuan yang dipastikan, dan kemungkinan belum akan tercapai. Meski begitu, hal ini menjadi agenda utama dalam negosiasi dua negara selama sebulan terakhir.

Negosiasi sendiri berputar pada persyaratan pembiayaan khusus untuk Vietnam yang kekurangan uang.  

“Bagian dari apa yang sedang kami kerjakan secara internal karena pemerintah AS adalah kreatif dalam mencoba memberikan opsi pendanaan yang lebih baik kepada Vietnam agar dapat memberikan mereka hal-hal yang mungkin benar-benar berguna bagi mereka," lanjut sumber tersebut.

Perjanjian transfer senjata ini diperkirakan akan memicu ketegangan antara Vietnam dan China yang sudah panas dengan sengketa Laut China Selatan.

Awal bulan ini, Vietnam meningkatkan status diplomatik dengan Amerika Serikat ketika Presiden Joe Biden melakukan kunjungan, sehingga setara dengan China dan Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA