Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Atlet Wushu Tak Bisa Ikut Asian Games Imbas Sengketa Wilayah, India Protes Keras ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 September 2023, 17:24 WIB
Tiga Atlet Wushu Tak Bisa Ikut Asian Games Imbas Sengketa Wilayah, India Protes Keras ke China
Asian Games di Hangzhou, China/Net
rmol news logo Perselisihan antara India dan China terkait wilayah sengketa Arunachal Pradesh di timur laut telah berpengaruh pada gelaran pesta olahraga Asian Games.

Pada Jumat (22/9), India membatalkan perjalanan menteri olahraganya untuk menghadiri pembukaan Asian Games di Hangzhou. Langkah ini diambil setelah China menolak akreditasi dan masuknya atlet India yang berasal dari wilayah yang diklaim Beijing.

Menurut laporan media India, tiga atlet wushu wanita dari negara bagian Arunachal Pradesh di India disetujui untuk mengambil bagian dalam ekstravaganza olahraga tersebut oleh Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou. Namun mereka tidak dapat mengunduh kartu akreditasi yang berfungsi sebagai visa untuk memasuki  China.

Negara bagian Arunachal Pradesh di timur laut hampir seluruhnya diklaim oleh Beijing, yang menyebutnya "Tibet Selatan".

Dalam pernyataannya, jurubicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi menyebut China telah melakukan diskriminasi terhadap beberapa atlet India.

“Tindakan China melanggar semangat Asian Games dan aturan yang mengatur pelaksanaannya, yang secara eksplisit melarang diskriminasi terhadap peserta dari negara-negara anggota,” tambahnya, seperti dimuat Associated Press.

Sebagai bentuk protes, India membatalkan perjalanan menteri olahraganya ke Hangzhou.

Meski begitu, sisa dari 10 anggota skuad India bersama dengan staf pelatih berangkat ke Asian Games di Hangzhou pada Rabu (20/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA