Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Desak Rusia Putuskan Hubungan Militer dengan Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 September 2023, 06:53 WIB
Korea Selatan Desak Rusia Putuskan Hubungan Militer dengan Korea Utara
Chang Ho-jin, Wakil Menteri Luar Negeri Seoul berbicara dengan Duta Besar Rusia Andrey Kulik di Seoul pada 19 September 2023/Net
rmol news logo Korea Selatan menunjukkan sikap tegas menyusul diskusi terkait kesepakatan senjata dan kerja sama militer antara Rusia dengan Korea Utara.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memanggil utusan penting Moskow pada Selasa (19/9) untuk mengajukan keluhan mengenai permasalahan tersebut.

"Wakil Menteri Luar Negeri Seoul Chang Ho-jin memanggil Duta Besar Rusia Andrey Kulik pada hari sebelumnya dan meminta Moskow untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB," kata kementerian itu dalam pesannya kepada wartawan, seperti dimuat Yonhap.

Kepada Kulik, Chang memperingatkan agar Rusia mengakhiri upaya menjalin hubungan militer dengan Korea Utara.

Dia juga menekankan bahwa Rusia harus bertindak secara bertanggung jawab sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan bahwa setiap pelanggaran terhadap resolusi tersebut.

"Tindakan yang mengancam keamanan Korea Selatan, akan berdampak negatif pada hubungan kedua negara," kata Chang.

Pemanggilan tersebut dilakukan menyusul pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu, di mana Kim mengunjungi serangkaian situs militer utama di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai kemungkinan kesepakatan senjata antara kedua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA