Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teka-teki Raibnya Mantan Menlu China Qin Gang: Digulingkan setelah Ketahuan Selingkuh di AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 19 September 2023, 17:01 WIB
Teka-teki Raibnya Mantan Menlu China Qin Gang: Digulingkan setelah Ketahuan Selingkuh di AS
Mantan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang/Net
rmol news logo Skandal perselingkuhan mengguncang dunia politik China, yang membuat Menteri Luar Negeri Qin Gang dicopot dari jabatannya secara tiba-tiba pada Juli lalu.

Dalam sebuah laporan yang diungkapkan surat kabar Wall Street Journal, Qin Gang diketahui memiliki anak di Amerika Serikat dari hasil perselingkuhannya saat ia menjabat sebagai Duta Besar China untuk AS.

Seperti dikutip dari Hindustan Times, Selasa (19/9), skandal itu terungkap saat Partai Komunis China melakukan penyelidikan terhadapnya dan menemukan "masalah gaya hidup" dalam kasus ini.

"Tiongkok mencopot mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang dari jabatannya setelah penyelidikan menyimpulkan bahwa dia berselingkuh dan menjadi ayah dari seorang anak saat menjabat sebagai duta besar AS," bunyi laporan tersebut.

Saat ini, hasil penyelidikan itu akan berfokus pada apakah perselingkuhan tersebut berpotensi mengancam keamanan nasional.

Pada Juli lalu, keputusan untuk memberhentikan Qin Gang dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri telah menghebohkan dunia politik China, karena masa jabatannya yang singkat dan menjadi yang terpendek dalam sejarah China.

Pemecatan yang diberlakukan tanpa penjelasan resmi itu membuat Wang Yi, kembali menduduki jabatan tersebut.

Laporan Wall Street Journal kini mencatat bahwa Partai Komunis sedang memperketat pengawasan terhadap hubungan seluruh pejabatnya, termasuk pejabat tinggi militer dengan orang asing.

Selama tugasnya sebagai duta besar China di Washington pada 2021, Qin Gang diketahui secara terbuka sering terlibat dalam budaya Amerika. Ia sering terlihat menghadiri pertandingan bisbol dan bahkan pernah mengendarai mobil Tesla bersama dengan Elon Musk. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA