Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Ekonomi Pulih, Rusia Berhasil Lewati Sanksi Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 September 2023, 09:36 WIB
Putin: Ekonomi Pulih, Rusia Berhasil Lewati Sanksi Barat
Presiden Vladimir Putin/Net
rmol news logo Berbagai sanksi yang dijatuhkan negara-negara Barat selama perang Ukraina telah berhasil dilewati dengan baik oleh Rusia.

Berbicara pada pertemuan pemerintah mengenai rancangan anggaran federal untuk tahun 2024-2026 pada Senin (18/9), Presiden Vladimir Putin mengatakan itu dapat dilihat dari pencapaian PDB Rusia yang kembali berhasil mencapai tingkat sebelum penerapan sanksi AS.

“Secara umum, kami dapat mengatakan bahwa tahap pemulihan perekonomian Rusia telah selesai," kata Putin, seperti dikutip dari RT.

"Kami telah bertahan dari tekanan eksternal yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu serangan gencar sanksi dari beberapa elit penguasa di blok Barat," ujarnya.

Putin mengatakan bahwa saat ini produk domestik bruto Rusia telah mencapai tingkat yang sama dengan tahun 2021, dan penting untuk menciptakan kondisi untuk pembangunan yang lebih stabil dan berjangka panjang.

"Pada April, pertumbuhan PDB diperkirakan sebesar 1,2 persen. Pada kenyataannya, kita telah melampaui target ini. Pada akhir tahun, pertumbuhan PDB mungkin mencapai level 2,5 persen, atau bahkan 2,8 persen," katanya.

Putin juga mendesak otoritas keuangan negara untuk mengambil langkah-langkah dalam upayanya memperkuat mata uang nasional.

“Salah satu permasalahan utama adalah terkait percepatan inflasi. Faktor utamanya jelas – ini adalah melemahnya rubel, dan kita perlu memahami dengan jelas penyebabnya dan mengambil keputusan tepat waktu tanpa penundaan," kata Putin.

Pemimpin Rusia itu mengumumkan bahwa pemerintah telah menyiapkan rancangan anggaran negara untuk tiga tahun ke depan, meski masih ada perbedaan pendapat dalam beberapa hal.

Untuk itu Putin meminta pemerintah segera menyelesaikan dokumen tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA