Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

G7 akan Melarang Impor Berlian Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 September 2023, 14:41 WIB
G7 akan Melarang Impor Berlian Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah lebih dari satu tahun menimbang, negara-negara anggota Kelompok Tujuh (G7) dilaporkan akan segera menyetujui embargo impor berlian Rusia dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

RT melaporkan, seorang pejabat pemerintah Belgia mengatakan pada Jumat (15/9) bahwa peraturan tersebut akan mulai berlaku pada 1 Januari 2024, termasuk memberlakukan larangan langsung terhadap pembelian, serta embargo tidak langsung yang akan diterapkan secara bertahap.

Upaya untuk memberikan sanksi terhadap berlian Rusia telah lama mendapat perlawanan dari importir permata besar seperti Belgia, yang merupakan rumah bagi pusat perdagangan berlian terbesar di dunia di Antwerp. Sekitar 85 persen berlian kasar dunia melewati Antwerpen dalam perjalanannya ke konsumen.

Pihak berwenang Belgia sebelumnya berpendapat bahwa menjatuhkan sanksi tanpa membangun sistem global untuk melacak permata tersebut tidak ada gunanya, karena perdagangan akan beralih ke pasar lain seperti India dan China.

Pada bulan Mei, para pemimpin G7 berjanji untuk membatasi perdagangan berlian yang ditambang, diproses, atau diproduksi di Rusia sebagai upaya  mengurangi pendapatan Moskow. Mereka juga mengklaim kan membatasi perdagangan berlian Rusia senilai 4,5 miliar dolar AS dengan menggunakan metode termasuk penelusuran teknologi tinggi.

G7 beranggotakan negara-negara maju yang meliputi Amerika Serikat, Italia, Inggris, Prancis, Jepang, Kanada, dan Jerman. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA