Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana Sejak Taliban Berkuasa, China Tunjuk Dubes Baru untuk Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 September 2023, 17:54 WIB
Perdana Sejak Taliban Berkuasa, China Tunjuk Dubes Baru untuk Afghanistan
Taliban/Net
rmol news logo China telah menunjuk duta besar baru untuk Afghanistan yang dipimpin oleh Taliban. Ini adalah penunjukan utusan asing pertama di tingkat duta besar sejak Talivban mengambil alih kekuasaan pada tahun 2021.

Taliban mengungkap surat kepercayaan Duta Besar China Zzhao Xing telah diserahkan kepada Perdana Menteri Imarah Islam Afghanistan Mohammad Hassan Akhud.

"Mohammad Hassan Akhund, Perdana Menteri Imarah Islam Afghanistan, menerima kredensial Bapak Zhao Xing, Duta Besar China yang baru untuk Afghanistan, dalam sebuah upacara," kata wakil jurubicara pemerintahan Taliban, Bilal Karimi pada Rabu (13/9).

Hingga saat ini Taliban belum secara resmi diakui oleh pemerintah asing mana pun.

Dimuat Reuters, belum jelas apakah penunjukan kali ini menandakan adanya langkah Beijing menuju pengakuan formal terhadap Taliban.

Duta Besar China sebelumnya untuk Afghanistan, Wang Yu, mengambil peran tersebut pada tahun 2019 dan menyelesaikan masa jabatannya bulan lalu.

Negara-negara lain dan delegasi internasional, seperti Pakistan dan Uni Eropa, telah mengirimkan diplomat senior untuk memimpin misi diplomatik di Kabul tetapi mereka telah mengambil gelar chargee d'affaires, yang biasanya berarti mereka bertanggung jawab atas tugas duta besar tetapi tidak secara formal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA