Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong Un: Kunjungan ke Rusia Tanda Hubungan Strategis Kedua Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 13 September 2023, 10:36 WIB
Kim Jong Un: Kunjungan ke Rusia Tanda Hubungan Strategis Kedua Negara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat bertemu dengan Menteri Sumber Daya Alam Rusia Alexander Kozlov pada Selasa, 13 September 2023/Net
rmol news logo Kehadiran Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Rusia awal pekan ini mencerminkan konstruksi hubungan yang semakin strategis antar kedua negara.

Hal itu diutarakan Kim melalui kantor berita resmi KCNA pada Rabu (13/9). Dia mengatakan bahwa Rusia merupakan salah satu mitra prioritas bagi Korea Utara.

"Kim Jong Un mengatakan bahwa kunjungannya ke Federasi Rusia merupakan wujud nyata sikap WPK dan pemerintah DPRK yang memprioritaskan kepentingan strategis hubungan DPRK-Rusia," bunyi laporan KCNA, seperti dimuat Reuters.

DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara yakni Republik Demokratik Rakyat Korea, sedangkan WPK adalah Partai Pekerja Korea, partai yang berkuasa di negara tersebut.

Kim tiba di Rusia dengan kereta pribadi di kota perbatasan Khasan pada Selasa (12/9). Kedatangannya disambut oleh Menteri Sumber Daya Alam Rusia Alexander Kozlov dan gubernur wilayah timur jauh Primorsky Oleg Kozhemyako.

Perjalanan tersebut menandai kunjungan pertama Kim ke Rusia dalam hampir empat tahun dan kunjungan luar negeri pertamanya setelah pandemi Covid-19.

Putin dan Kim diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral pada Rabu sore (13/9) di kosmodrom Vostochny Rusia, sebuah pusat ruang angkasa yang berjarak lebih dari 1.700 km (1.056 mil) utara Khasan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA