Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Mohammed VI Umumkan Serangkaian Upaya Pemulihan Gempa Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 11 September 2023, 13:56 WIB
Raja Mohammed VI Umumkan Serangkaian Upaya Pemulihan Gempa Maroko
Raja Maroko, Mohammed VI/Net
rmol news logo Serangkaian upaya akan dilakukan Kerajaan Maroko untuk memulihkan kondisi wilayah dan warganya setelah dilanda gempa berkekuatan 6,9 magnitudo.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Raja Mohammed VI dalam sebuah pernyataan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (11/9).

Raja menginstruksikan agar petugas kerajaan dapat berfokus lebih dulu pada upaya penyelamatan warga yang terdampak bencana.

Di antaranya pengerahan angkatan bersenjata untuk proses evakuasi, peningkatan suplai stok darah nasional, distribusi air bersih dan paket bantuan medis, makanan dan tenda.

"Orang-orang yang kesusahan dan tidak memiliki tempat berlindung karena gempa, terutama anak yatim dan lansia harus diberi perawatan," tegas pernyataan tersebut.

Selanjutnya, Raja meminta agar sebuah tim dibentuk melaksanakan program pemulihan bangunan setelah gempa.

"Komisi antar kementerian segera dibentuk untuk melaksanakan program rehabilitasi dan bantuan darurat untuk membangun kembali rumah-rumah yang hancur di daerah yang terkena dampak," kata Raja.

Satgas itu juga akan dibentuk untuk mendorong pelaku ekonomi Maroko segera memulai kembali aktivitasnya di wilayah terkait.

Untuk pendanaan, Kerajaan akan membuka rekening bank khusus di Perbendaharaan dan Bank Al Maghrib untuk menerima sumbangan solidaritas sukarela dari warga serta instruksi swasta dan publik.

Memastikan mobilisasi penuh Yayasan Solidaritas Mohammed V, dengan seluruh komponennya, untuk mendukung warga di daerah yang terkena dampak

Terakhir, kerajaan juga akan membuat cadangan dan persediaan kebutuhan dasar seperti obat, makanan, tenda, tempat tidur di setiap wilayah Kerajaan untuk bersiap menghadapi segala jenis bencana. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA