Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lagi, Ada Kilat Misterius Sebelum Gempa Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 September 2023, 13:10 WIB
Lagi, Ada Kilat Misterius Sebelum Gempa Maroko
Kamera CCTV menangkap kilatan cahaya biru sebelum gempa Maroko/Net
rmol news logo Fenomena kilat misterius yang muncul sesaat sebelum gempa besar kembali terjadi. Kilat misterius tersebut juga muncul sebelum gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Maroko pada Jumat malam (8/9).

Beberapa video yang tersebar di media sosial memperlihatkan kilat misterius tersebut. Salah satunya kamera CCTV di salah satu pemukiman yang menangkap semburan cahaya biru misterius di langit, sekitar tiga menit sebelum gempa dahsyat terjadi.

Penyebab fenomena ini masih sulit dipahami, dan apakah ini merupakan pertanda datangnya bencana masih belum diketahui.

Namun demikian, patut dicatat bahwa kilatan cahaya ini bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, karena kilatan cahaya ini didokumentasikan oleh kamera keamanan lain sebelum terjadinya gempa bumi dahsyat di Turki awal tahun ini, yang merenggut nyawa 45 ribu orang.

Salah satu hipotesis menyatakan bahwa kilatan cahaya ini terjadi sebagai respons terhadap tekanan tektonik, aktivitas seismik di sekitarnya, atau bahkan letusan gunung berapi. Namun, penyebab pasti dari kejadian aneh ini masih belum dapat dikonfirmasi.

Menariknya, gempa bumi ringan telah dilaporkan selama ribuan tahun, dan dengan kemajuan teknologi modern, lebih banyak wawasan yang diperoleh mengenai fenomena ini.

Peristiwa atmosfer bercahaya ini dikaitkan dengan aktivitas seismik atau kejadian langit. Mereka tidak muncul setiap saat tetapi muncul di dekat waktu dan pusat gempa, di mana tekanan tektonik berada pada puncaknya.

Kilat gempa pertama yang terekam di kamera terjadi pada tahun 1965 saat terjadi gempa bumi di Jepang. Selanjutnya, fenomena serupa juga terjadi di China pada tahun 2008, Italia pada tahun 2009, dan Meksiko pada tahun 2017. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA