Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikunjungi Presiden Korea Selatan dan Istri, Jokowi Bahas Sejumlah Kerja Sama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 09 September 2023, 12:05 WIB
Dikunjungi Presiden Korea Selatan dan Istri, Jokowi Bahas Sejumlah Kerja Sama
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol dan istri disambut Presiden RI, Joko Widodo dan istrinya di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat, 8 September 2023/Net
rmol news logo Sehari setelah KTT ke-43 ASEAN usai, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol dan istrinya melakukan kunjungan ke Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (8/9).

Kedatangannya disambut hangat oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana.

Melalui cuitan di akun X pribadinya, Jokowi menceritakan bahwa setelah serangkaian upacara penyambutan kenegaraan, ia dan Yoon beserta delegasi melakukan pertemuan bilateral.

Di saat yang sama, Ibu Iriana mengajak istri Yoon,  Kim Keon Hee, untuk minum teh bersama di Ruang Jepara.

Jokowi mengungkap bahwa selama pertemuan bilateral ia mengangkat berbagai isu salah satunya kerja sama investasi industri kendaraan listrik.

Selain itu, Presiden juga mendorong peningkatan kerja sama di bidang pertanian dan ekonomi hijau.

"Harapannya agar produksi pertanian Indonesia dapat memiliki akses yang lebih besar di pasar Korea," cuit Jokowi.

Isu lain yang juga dibahas Jokowi dan Yoon di antaranya kerja sama di bidang pengembangan infrastruktur transportasi dan kesehatan, pembangunan Ibu Kota Nusantara, serta pengiriman dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Berdasarkan foto yang dibagikan di platform X, nampak Presiden Jokowi menggunakan setelan jas biru dongker dengan dasi merah. Sementara Yoon menggunakan setelah dengan warna senada namun dasinya berwarna coklat muda.

Sementara para ibu negara menggunakan setelan dress yang anggun. Ibu Kim menggunakan baju berwarna beige, sementara ibu Iriana menggunakan baju berwarna putih dengan motif dan renda berwarna coklat muda.

Yoon dan istrinya telah tiba di Indonesia sejak Rabu (5/9). Presiden Korea Selatan itu mengikuti serangkaian pertemuan mulai dari KTT ke-24 ASEAN-Korea, KTT ke-26  ASEAN-Plus Three dan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA