Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Minta Para Pemimpin Asia Timur Jadikan ASEAN Sebagai Forum Penguat Kerja Sama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 07 September 2023, 11:37 WIB
Jokowi Minta Para Pemimpin Asia Timur Jadikan ASEAN Sebagai Forum Penguat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis, 9 September 2023/RMOL
rmol news logo Peran ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi kawasan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh anggota maupun negara mitra.

Hal itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (7/9).

Jokowi menyoroti komitmen teguh ASEAN untuk menjadi episentrum pertumbuhan dan kontributor dalam perdamaian dan stabilitas kawasan.

Ia mendorong para pemimpin yang hadir dalam KTT agar ikut mendukung misi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

"ASEAN akan sangat menghargai jika KTT Asia Timur ini dapat menyepakati Pernyataan Tingkat Pemimpin mengenai tekad untuk terus menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth," ungkap Jokowi.

Presiden RI kembali menekankan bahwa forum tersebut harus digunakan sebagai penguat jalinan kerja sama di antara negara anggota.

"Saya betul-betul minta kepada seluruh Pemimpin KTT Asia Timur untuk menjadikan forum ini sebagai tempat memperkuat kolaborasi, sebagai tempat memperkuat kerja sama, bukan justru mempertajam rivalitas," tegasnya.

KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur dihadiri oleh seluruh anggota ASEAN, Ketua IORA yakni Presiden Bangladesh Mohammad Shahabuddin dan Ketua PIF Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA