Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebagai Mitra Strategis ASEAN, Kanada Dapat Jadi Jangkar Perdamaian dan Stabilitas Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 06 September 2023, 18:36 WIB
Sebagai Mitra Strategis ASEAN, Kanada Dapat Jadi Jangkar Perdamaian dan Stabilitas Kawasan
Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat membuka KTT ASEAN-Kanada pada Rabu, 6 September 2023/RMOL
rmol news logo Kemitraan ASEAN dengan Kanada yang telah memasuki fase baru sebagai mitra strategis diharapkan dapat menjadi jangkar bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT ASEAN-Kanada bersama Perdana Menteri Justin Trudeau pada Rabu (6/9).

Menurut Jokowi, sejauh ini Kanada merupakan mitra strategis ASEAN yang berkontribusi dalam membangun ketahanan pangan, hilirisasi industri serta membangun perdagangan yang adil dan terbuka di kawasan.

"Sebagai mitra strategis, Kanada saya harapkan dapat menjadi jangkar perdamaian dan stabilitas kawasan yang menaati hukum internasional, mendorong kerja sama yang lebih konkret dan inklusif, terutama di kawasan Indo-Pasifik," kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, kemitraan tersebut diharapkan Jokowi dapat membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan kawasan.

Sementara dalam gilirannya, PM Trudeau juga telah mengapresiasi kemitraan negaranya dengan ASEAN, ia menegaskan bahwa Kanada akan terus mendukung sentralitas ASEAN di Indo Pasifik.

"Kanada adalah negara pasifik. Indo-Pasifik adalah lingkungan kami. Kemitraan ini sangat penting bagi kami. Kanada sangat menghormati sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik," ujar Trudeau.

Trudeau memaparkan bahwa kebijakan Indo-Pasifik Kanada dan ASEAN Outlook on The Indo-Pacific merupakan kebijakan yang selaras dan sama mengenai keamanan dan stabilitas, keterbukaan dan transparansi untuk mengembangkan kerja sama ekonomi.

Untuk itu, di hadapan Jokowi dan para pemimpin ASEAN lainnya, Trudeau berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dan kehadirannya di kawasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA