Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri KTT ASEAN, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol Terbang Menuju Jakarta Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 September 2023, 09:15 WIB
Hadiri KTT ASEAN, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol Terbang Menuju Jakarta Hari Ini
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol/Net
rmol news logo Sejumlah pemimpin negara dipastikan menghadiri pertemuan puncak tahunan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang akan digelar di Jakarta, termasuk Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Yonhap melaporkan, Yoon akan terbang dari Korea Selatan menuju Indonesia pada Selasa (5/9) waktu setempat, dan kemudian melakukan perjalanan ke India untuk pertemuan puncak dengan para pemimpin Kelompok 20 (G20).

Ini akan menjadi tahun kedua berturut-turut Yoom menghadiri kedua pertemuan tersebut, yang menggarisbawahi pentingnya pemerintahannya dalam meningkatkan kerja sama dengan kawasan yang terkenal karena posisi strategisnya dalam persaingan AS-China dan potensi ekonominya yang semakin meningkat.

Wakil Utama Penasihat Keamanan Nasional Kim Tae-hyo mengatakan Yoon akan menyampaikan posisi Korea Selatan dalam isu-isu regional dan internasional, termasuk program nuklir Korea Utara, dan menjelaskan bagaimana negara tersebut berencana untuk mempertahankan dan berkontribusi pada tatanan internasional berbasis aturan.

“Presiden Yoon berencana untuk menekankan pentingnya kita menempatkan ASEAN dengan secara pribadi menghadiri KTT ASEAN untuk tahun kedua berturut-turut,” kata Kim.

"Secara khusus, beliau akan menyatakan rencana pemerintah kita untuk mendorong Inisiatif Solidaritas Korea-ASEAN (KASI) secara sungguh-sungguh dengan mengumumkan rencana untuk memperkuat kerja sama di bidang keamanan siber dan maritim, serta proyek kerja sama di bidang inovasi digital," katanya.

KASI diresmikan oleh Yoon pada KTT ASEAN tahun lalu di Kamboja pada bulan November dan berpusat pada peningkatan komunikasi strategis dan kerja sama dengan 10 anggota blok tersebut untuk perdamaian dan stabilitas regional. Inisiatif ini juga merupakan bagian inti dari strategi Indo-Pasifik Korea Selatan.

Kunjungan Yoon ke Jakarta juga merupakan kunjungan bilateral yang menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia.

Pada Jumat (8/9), ia akan mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta dan menghadiri upacara penandatanganan perjanjian kerja sama, serta konferensi pers bersama.

Di hari yang sama ia akan melakukan perjalanan ke New Delhi, India, ujruk menghadiri dua sesi KTT G20 keesokan harinya, termasuk satu sesi tentang perubahan iklim dan lingkungan hidup. Yoon akan memaparkan secara rinci rencana Korea Selatan untuk berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA