Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Makin Baik, Dubes Iran untuk Arab Saudi Segera Tiba di Riyadh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 04 September 2023, 18:53 WIB
Hubungan Makin Baik, Dubes Iran untuk Arab Saudi Segera Tiba di Riyadh
Duta Besar Iran untuk Arab Saudi, Alireza Enayati/Net
rmol news logo Dalam upaya memimpin misi diplomatik kembali, Duta Besar Iran untuk Arab Saudi, Alireza Enayati dikabarkan akan tiba di Riyadh pada Selasa (5/9) waktu setempat.

Sementara, duta besar Arab Saudi untuk Iran dilaporkan akan tiba di Teheran pada akhir pekan ini.

Kedatangan kembali kedua pemimpin misi diplomatik tersebut telah dikonfirmasi oleh kantor berita IRNA pada Senin (4/9), setelah kedua negara sempat memutuskan hubungannya tujuh tahun lalu.

"Duta Besar Baru Iran untuk Arab Saudi akan tiba di Riyadh pada Selasa, untuk memimpin misi diplomatik yang dibuka kembali pada awal Juni," lapor IRNA.

Seperti dikutip dari The National News, sebelum pergi ke Riyadh, Enayati telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, untuk membahas upaya-upaya dalam menguatkan hubungan dengan Arab Saudi.

Menurut Enayati, sejauh ini hubungan kedua negara telah berkembang dengan kecepatan yang stabil usai kedutaan dan konsulat di kedua negara telah menjalankan kembali aktivitasnya pada Juni lalu.

"Kami serius, dan kami merasa bahwa Arab Saudi juga serius dalam mengembangkan ikatan dan semakin dalam hubungan," katanya.

Iran dan Arab Saudi, menurutnya, mampu untuk melakukan kerja sama bilateral berdasarkan prospek jangka panjang di masa depan tanpa campur tangan asing di kawasannya.

Pada Agustus lalu, Menlu Iran sendiri telah melakukan kunjungannya ke Arab Saudi untuk   mengadakan pembicaraan yang “jujur dan berbuah” dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA