Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Medvedev: Virus Baru akan Muncul, Dunia Harus Bersiap!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 September 2023, 07:30 WIB
Medvedev: Virus Baru akan Muncul, Dunia Harus Bersiap<i>!</i>
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev/Net
rmol news logo Setelah pandemi Covid-19, dunia mungkin akan melihat munculnya virus-virus baru yang tidak hanya berasal dari alam tetapi juga buatan.

Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev mengatakan hal itu selama pertemuan presidium Dewan Kepresidenan Bidang Sains dan Pendidikan, Kamis (31/8), menegaskan bahwa semua harus bersiap.

“Virus baru tidak hanya berasal dari alam, tetapi juga buatan,” kata Medvedev, seperti dikutip dari TASS.

Rusia perlu memantau dengan cermat apa yang terjadi ke depannya, merujuk pada kekhawatiran aktivitas biomiliter AS di wilayah pasca-Soviet, di mana Pentagon mendirikan lusinan biolab dan pusat khusus di sekitar Rusia.

Ia mengingatkan, meskipun Pentagon berulangkali menyampaikan bahwa semua kegiatan biomiliter itu  murni ilmiah atau bertujuan untuk menjaga kesejahteraan epidemiologis penduduk, itu tidak sepenuhnya benar dan Rusia tetap harus waspada.

Rusia, kata Medvedev, perlu memberikan perhatian semaksimal mungkin terhadap ancaman eksternal dan memastikan kesiapan teknologi Rusia dalam menghadapi munculnya infeksi baru dan penyebarannya.

Sejak 2021 Pemerintah Rusia telah menyiapkan proyek inovasi untuk penelitian sesuai arahan Presiden Vladimir Putin. Proyek tersebut serupa platform penelitian dan teknologi Rusia yang akan memungkinkan respons cepat terhadap kemunculan dan penyebaran infeksi baru.

“Banyak hal yang dibicarakan mengenai hal ini. Tampaknya situasi Covid sudah jelas, namun masih harus dilihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita harus bersiap. Oleh karena itu, pekerjaan ini dan kelanjutannya sangat penting bagi negara," tutup Medvedev. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA