Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Keamanan, X Kumpulkan Data Biometrik dan Riwayat Pekerjaan Pengguna

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 15:39 WIB
Demi Keamanan, X Kumpulkan Data Biometrik dan Riwayat Pekerjaan Pengguna
Elon Musk/Net
rmol news logo Dalam kebijakan privasi terbarunya, platform media sosial X yang dulu dikenal sebagai Twitter berencana mengumpulkan data biometrik pengguna.

Dalam cuitannya, X menjelaskan bahwa pengumpulan data biometrik jutaan penggunaanya dilakukan untuk tujuan yang baik.

"Berdasarkan persetujuan Anda, kami dapat mengumpulkan dan menggunakan informasi biometrik Anda untuk tujuan keselamatan, keamanan, dan identifikasi,” kata perusahaan milik Elon Musk itu, seperti dimuat Bloomberg pada Kamis (31/8).

Kendati demikian, X tidak memberikan definisi spesifik mengenai apa yang dimaksud dengan data biometrik itu dan bagaimana data itu digunakan.

Namun secara umum, data biometrik mencakup data biologis pengguna seperti retina, iris, fingerprint, struktur wajah, tone suara, dan DNA.

Selain data biometrik, X juga mengatakan pihaknya berencana mengumpulkan informasi tentang pekerjaan dan riwayat pendidikan pengguna.

Perusahaan media sosial saingan Meta itu mengklaim data tersebut dibutuhkan agar mereka bisa merekomendasikan pekerjaan potensial bagi pekerja.

"Kami akan merekomendasikan pekerjaan  dan membantu pemberi kerja menemukan kandidat potensial, dan menampilkan iklan yang lebih relevan kepada Anda," tambah X.

X telah lama mendapat kritikan dari seluruh dunia karena aktivitas pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengelola penjualan iklan yang sesuai minat pengguna. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA