Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kremlin: Ada Indikasi Kesengajaan pada Kecelakaan Bos Wagner

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 12:23 WIB
Kremlin: Ada Indikasi Kesengajaan pada Kecelakaan Bos Wagner
Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Potensi kesengajaan dalam kecelakaan pesawat Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, masuk ke dalam salah satu skenario yang tengah diselidiki pemerintah Rusia.

Hal itu diungkap Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat The Jerussalem Post pada Kamis (30/8)

Secara eksplisit Peskov mengakui adanya kemungkinkan bahwa Prigozhin dan komandan utamanya mungkin telah sengaja dibunuh.

"Jelas bahwa berbagai kemungkinan sedang dipertimbangkan, termasuk tentang sebuah kekejaman yang disengaja,” kata Peskov.

Jet pribadi Embraer yang ditumpangi Prigozhin dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di utara Moskow dan menewaskan 10 orang di dalamnya pada 23 Agustus lalu.

Selain Prigozhin, dua komandan Wagner lainnya, empat pengawal dan tiga awak dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Penyebab jatuhnya pesawat masih belum jelas, tetapi penduduk yang berada di sekitar lokasi kejadian mengatakan mereka sempat mendengar bunyi ledakan sebelum pesawat itu jatuh.

Barat mencurigai bahwa Putin dan pemerintahnya terlibat dalam pembunuhan Bos Wagner. Terlebih insiden itu terjadi hanya dua bulan setelah Prigozhin mengambil kendali atas kota selatan Rostov pada akhir Juni.

Rusia mengumumkan pihaknya tidak akan menyelidiki kasus kecelakaan Bos Wagner berdasarkan aturan internasional saat ini. Di mana harusnya Moskow melibatkan pihak Brasil yang merupakan negara produsen pesawat Embraer. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA