Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerebek Rumah Anak Anggota Parlemen Belgia, Petugas Anti Korupsi Temukan Uang Tunai Rp 463 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 16:24 WIB
Gerebek Rumah Anak Anggota Parlemen Belgia, Petugas Anti Korupsi Temukan Uang Tunai Rp 463 Juta
Maria Arena, anggota parlemen Eropa/Net
rmol news logo Pihak berwenang Belgia menemukan uang tunai sebesar 280.000 euro (463,2 juta rupiah) saat menggeledah rumah putra anggota parlemen Maria Arena sebagai bagian dari penyelidikan korupsi Parlemen Eropa.

Penggeledahan di rumah dan tempat kerja Ugo Lemaire, 32 tahun, dilakukan setelah petugas menggeledah rumah ibunya bulan lalu.

Menurut laporan Anadolu Agency, Rabu (30/8), pihak berwenang belum mengetahui sumber uang tersebut dan sedang menyelidiki apakah itu ada kaitannya dengan tuduhan korupsi sebelumnya.

Laporan media lokal menyebutkan bahwa Lemaire adalah salah satu pendiri perusahaan yang menjual ganja legal.

Bulan lalu, Kantor Kejaksaan Federal Belgia mengumumkan bahwa penggeledahan dilakukan di enam lokasi di Brussels, termasuk rumah Arena.

Penggeledahan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan korupsi yang diluncurkan pada Desember 2022, dan beberapa dokumen serta perangkat seperti komputer disita.

Arena, salah satu anggota Parlemen Eropa (MEP) dari Partai Sosialis, sering disebut-sebut di media karena komunikasinya dengan mantan MEP Italia Pier Antonio Panzeri, tersangka utama dalam penyelidikan korupsi.

Arena mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua sub komite hak asasi manusia Parlemen Eropa pada bulan Januari di tengah tuduhan dari beberapa jurnalis dan rekannya.

Uni Eropa terguncang oleh salah satu skandal korupsi terbesar dalam sejarahnya setelah Eva Kaili, seorang anggota Parlemen Eropa asal Yunani, ditangkap pada 9 Desember 2023 oleh polisi Belgia atas tuduhan korupsi.

Kaili, 44 tahun, dari partai PASOK-KINAL kiri-tengah Yunani dan salah satu dari 14 wakil presiden Parlemen Eropa, ditangkap setelah rumahnya digeledah atas tuduhan korupsi yang diduga melibatkan Qatar, yang dituduh membayar Kaili untuk melobi kepentingan negara Teluk tersebut.

Uang tunai hingga 1,5 juta euro juga disita oleh polisi Belgia dalam puluhan penggeledahan rumah dan kantor. Komputer parlemen juga disita untuk melindungi data penting.

Mereka yang ditahan bersama Kaili termasuk Panzeri, rekan Kaili Francesco Giorgi, yang bekerja sebagai asisten di Parlemen Eropa, dan Niccolo Figa-Talamanca, direktur sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja di bidang supremasi hukum.

Semua yang ditahan sebagai bagian dari penyelidikan dan dibebaskan dengan masa percobaan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA