Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Misi India Chandrayaan-3 Temukan Belerang di Kutub Selatan Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 14:49 WIB
Misi India Chandrayaan-3 Temukan Belerang di Kutub Selatan Bulan
Siaran langsung pendaratan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di Bulan di dalam auditorium Gujarat Science City di Ahmedabad, India pada Rabu, 23 Agustus 2023/Net
rmol news logo Pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 milik India menemukan belerang dan unsur-unsur lainnya saat mencari tanda-tanda air membeku hampir seminggu setelah mendarat di kutub selatan Bulan.

Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO) pada Senin (27/8) mengonfirmasi keberadaan belerang dan mendeteksi beberapa elemen lain di kutub selatan bulan.

“Instrumen Laser-Induksi Breakdown Spectroskopi (LIBS) yang ada di pesawat Chandrayaan-3 telah melakukan pengukuran in-situ pertama pada komposisi unsur permukaan bulan di dekat kutub selatan,” kata ISRO, seperti dikutip Al Jazeera.

Pekan lalu, India menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan yang sebagian besar belum dijelajahi, dan menjadi negara keempat yang mendarat di Bulan setelah Amerika Serikat, China, dan Rusia.

“Pengukuran in-situ ini secara jelas mengkonfirmasi keberadaan belerang di wilayah tersebut, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh instrumen yang ada di pengorbit,” jelas ISRO.

ISRO mengatakan, analisis spektrografi juga mengkonfirmasi keberadaan aluminium, kalsium, besi, kromium dan titanium di permukaan bulan, dengan pengukuran tambahan menunjukkan adanya mangan, silikon dan oksigen.

Dalam tugasnya, penjelajah tersebut juga akan mempelajari atmosfer bulan dan aktivitas seismiknya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA