Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Semakin Cair, China dan Korea Selatan Atur Rencana Pertemuan Yoon Suk Yeol dan Xi Jinping

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 13:41 WIB
Hubungan Semakin Cair, China dan Korea Selatan Atur Rencana Pertemuan Yoon Suk Yeol dan Xi Jinping
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Kiri) berfoto dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, selama pembicaraan bilateral mereka di sebuah hotel di Bali, Indonesia, pada 15 November 2022, di sela-sela pertemuan KTT Kelompok 20/Yonhap
rmol news logo Di tengah hubungan yang mulai mencair, China dan Korea Selatan dilaporkan sedang melakukan pembicaraan untuk menjadwalkan pertemuan puncak antara Presiden Yoon Suk Yeol dan Xi Jinping di sela-sela KTT multilateral awal bulan depan.

Seorang pejabat senior pemerintah mengkonfirmasi rencana pertemuan tersebut kepada Kantor Berita Yonhap, Selasa (29/8).

“Otoritas diplomatik kedua negara sedang bertukar pandangan mendasar mengenai kemungkinan pertemuan puncak," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya.

Seorang pejabat kepresidenan juga mengatakan telah ada sinyal positif yang terdeteksi sehubungan dengan perkembangan hubungan Korea Selatan-Tiongkok.

Rencana pertemuan Yoon dan Xi terjadi ketika hubungan bilateral tampaknya mulai mencair menyusul ketegangan dalam beberapa bulan terakhir akibat pernyataan presiden Yoon mengenai Taiwan dan peringatan terselubung dari duta besar China untuk Seoul terhadap keberpihakan Korea Selatan dengan Amerika Serikat.

Awal bulan ini, China mencabut larangan tour kelompok ke Korea Selatan. Larangan tersebut telah berlaku selama lebih dari enam tahun di tengah ketegangan mengenai Korea Selatan yang menjadi tuan rumah sistem pertahanan rudal THAAD AS.

Yoon dan Xi mengadakan pertemuan puncak pertama mereka di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, November lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA