Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sengketa Air, Iran Geram Taliban Tutup Aliran Sungai Helmand

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 17:16 WIB
Sengketa Air, Iran Geram Taliban Tutup Aliran Sungai Helmand
Sungai Helmand/Net
rmol news logo Sengketa air antara Iran dan Afghanistan terus meluas menjadi konflik. Ketegangan kedua belah pihak meningkat ketika Taliban menolak izin untuk membuka aliran air Sungai Helmand ke wilayah Iran.

Seorang anggota parlemen Iran, Fadahossein Maleki kemudian mendesak pemerintah agar mengambil tindakan balasan pada Teheran. Maleki merupakan legislator dari wilayah Zahedan, Provinsi Sistan dan Baluchestan yang berbatasan langsung dengan Afghanistan.

Maleki menilai, tindakan balasan diperlukan karena langkah Taliban sudah menyebabkan kekeringan parah di Provinsi Sistan dan Baluchestan.

"Kami telah mendukung provinsi tetangga kami di Afghanistan dengan pasokan air dan listrik. Namun, perlu ada respons yang lebih kuat atas tindakan Taliban terkait pasokan air dari Sungai Helmand," kata Maleki, seperti dikutip IFP News pada Senin (28/8).

Meski begitu, Maleki menekankan, tindakan balasan tidak dimaksudkan sebagai pemicu perang terbuka dengan Taliban. Ia hanya mendorong pemerintah Iran untuk mempertimbangkan kembali hubungan dengan kelompok penguasa Afghanistan tersebut.

Menurut Maleki, Republik Islam Iran tidak punya pilihan lain selain menerapkan beberapa opsi tegas terhadap Taliban, agar air di sungai tersebut dapat dialirkan kembali dengan adil.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA