Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Perdagangan Raimondo Pastikan Pentingnya Hubungan yang Stabil antara AS dan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 13:35 WIB
Menteri Perdagangan Raimondo Pastikan Pentingnya Hubungan yang Stabil antara AS dan China
Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, bersama Duta Besar AS untuk Tiongkok Nick Burns, saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Wentao, di Kementerian Perdagangan di Beijing, Senin, 28 Agustus 2023/Reuters
rmol news logo Washington dan Beijing dan Beijing perlu membina hubungan yang stabil.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan hal itu selama pertemuannya dengan mitranya dari Tiongkok, Wang Wentao.

Perjalanan Raimondo ke Beijing dan Shanghai, yang berakhir pada hari Rabu, merupakan lanjutan kunjungan baru-baru ini dari tiga pejabat penting pemerintahan Biden lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Keuangan Janet Yellen, dan Utusan Iklim John Kerry.

“Hubungan ekonomi antara Amerika Serikat dan Tiongkok adalah salah satu hubungan paling signifikan di dunia. Kami berbagi perdagangan senilai lebih dari 700 miliar dolar AS,” kata Raimondo, ketika tiba di Beijing.

“Sangat penting bagi kita untuk memiliki hubungan ekonomi yang stabil, yang bermanfaat bagi kedua negara. Dan faktanya apa yang dunia harapkan dari kita. Ini adalah hubungan yang rumit. Ini adalah hubungan yang menantang. Tentu saja kita akan berbeda pendapat dalam isu-isu tertentu, namun saya yakin kita bisa mencapai kemajuan jika kita bersikap langsung, terbuka, dan praktis,” tambahnya.

Menanggapi Raimondo, Wang mengatakan Beijing juga siap bekerja sama dengan Washington, dan menambahkan bahwa hubungan ekonomi bilateral penting tidak hanya bagi kedua negara, tetapi juga bagi seluruh dunia.

Kedua diplomat tinggi itu mencatat bahwa kedua negara akan bekerja sama lebih erat lagi selama musim panas untuk membentuk “pertukaran informasi dan kelompok kerja baru” yang akan membuka jalan bagi lebih banyak keterlibatan antara kedua belah pihak.

Ketegangan antara AS dan China tidak akan menghalangi kerja sama perdagangan antara keduanya, menurut Raimondo. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA