Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KRI Bima Suci, Duta Diplomasi Maritim Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 Agustus 2023, 03:17 WIB
KRI Bima Suci, Duta Diplomasi Maritim Indonesia
Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib bersama prajurit KRI Bima Suci/Ist
rmol news logo Ratusan wisatawan lokal Spanyol dan mancanegara, berdecak kagum saat menaiki kapal latih Angkatan Laut Indonesia, KRI Bima Suci-945. KRI Bima Suci bersandar di pelabuhan Puerto de Vigo, Spanyol, dari 22 hingga 24 Agustus 2023.

Dengan kemampuan berlayarnya ke seluruh pelosok dunia, Bima Suci menjelma sebagai wakil Indonesia dalam menyampaikan pesan damai, diplomasi, serta promosi yang efektif mengenai Indonesia.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib, memberikan apresiasi tinggi kepada Satgas Kartika Jala Krida yang mampu membawa KRI Bima Suci menjadi duta diplomasi dalam mengenalkan Indonesia di berbagai belahan dunia.

Dikatakan DUbes Najib, jiwa NKRI yang tersemat di hati para prajurit kelautan, tidak pernah gentar menghadapi badai dan gelombang di samudera yang luas.

"Saya berharap jiwa seperti ini terus terpupuk, tidak hanya pada prajurit kita, tetapi juga tertular pada generasi muda dan masyarakat secara keseluruhan," ujar Dubes Najib dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8).

Pelayaran Kartika Jala Krida Tahun 2023 berlangsung selama 214 hari dengan melibatkan 145 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-70, serta 95 kru di bawah komando Letkol Laut M. Sati Lubis.

"Spanyol istimewa karena menjadi tempat lahir KRI Bima Suci. Hubungan erat ini perlu dipertahankan dengan hangat," ungkap Letkol Sati.

Acara open ship yang digelar di KRI Bima Suci, disambut baik oleh penduduk sekitar dan wisatawan di kawasan pelabuhan.

Para sahabat diplomasi maritim Indonesia tersebut menikmati penampilan Tari Piring, Bima Suci Band, Tari Jauk Bali, Tari Badinding Pariaman dan Rampak Gendang Sunda.

Usai dari Vigo, Bima Suci akan kembali ke Indonesia melewati Laut Mediterania, Terusan Suez, dan India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA