Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Pengiriman Jet F-16 Picu Perang Semakin Memanas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 11:20 WIB
Rusia: Pengiriman Jet F-16 Picu Perang Semakin Memanas
Jet tempur F-16/Net
rmol news logo Keputusan Denmark dan Belanda untuk mengirim pesawat tempur F-16 buatan AS ke Ukraina, mendapat respons sinis dari Rusia.

Duta Besar Rusia untuk Denmark, Vladimir Barbin mengatakan bahwa langkah kedua negara Eropa itu mampu meningkatkan konflik dan membuat perang semakin panjang.

"Fakta bahwa Denmark sekarang telah memutuskan untuk menyumbangkan 19 pesawat F-16 ke Ukraina mengarah pada eskalasi konflik," tegasnya, seperti dikutip dari The Jerussalem Post pada Selasa (22/8).

Bukannya menciptakan perdamaian, kata Barbin, pengiriman F-16 justru mendorong Ukraina terus melanjutkan pertempuran militernya.

"Denmark berusaha dengan tindakan dan kata-katanya untuk meninggalkan Ukraina tanpa pilihan lain selain melanjutkan konfrontasi militer dengan Rusia," jelas Barbin.

Pada Minggu (20/8), Denmark dan Belanda mengumumkan komitmen mereka untuk memasok Ukraina dengan F-16 mulai awal tahun depan.

Keputusan itu diambil setelah negara produsen pesawat F-16, AS setuju bila kedua negara melakukan pengiriman.

Terlebih, baik Denmark maupun Belanda juga akan mempensiunkan F-16 dan menggantinya dengan pesawat yang lebih canggih yakni F-35.

Denmark akan mengirimkan total 19 jet. Belanda memiliki 42 unit F-16 tetapi belum memutuskan apakah semuanya akan disumbangkan.

Sementara itu, Ukraina mengaku kehadiran F-16 sangat penting untuk menunjang keberhasilan mereka mengusir tentara Rusia dari beberapa wilayah yang diduduki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA