Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: AS-Korsel-Jepang Berusaha Tebar Perpecahan dan Konfrontasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 Agustus 2023, 18:49 WIB
China: AS-Korsel-Jepang Berusaha Tebar Perpecahan dan Konfrontasi
Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin/Net
rmol news logo China mengecam keras pertemuan trilateral antara para pemimpin Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang. Beijing menilai ketiga negara tersebut dengan sengaja menabur perselisihan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menyebut pertemuan Presiden AS Joe Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Camp David pada pekan lalu merupakan upaya untuk mencoreng dan menyerang Beijing.

“Saat ini kita melihat dua lintasan di Asia Pasifik. Satu menampilkan upaya untuk solidaritas, kerja sama, dan integrasi ekonomi yang lebih besar. Lainnya mencoba untuk memulai perpecahan dan konfrontasi serta menghidupkan kembali mentalitas Perang Dingin," kata Wang dalam konferensi pers pada Senin (21/8).

Selama pertemuan trilateral, Biden bersama Yoon dan Kishida membahas langkah-langkah untuk mengurangi risiko rantai pasokan global dari ketergantungan mereka ke China.

Mereka juga berjanji untuk berbagi data real-time tentang peluncuran rudal Korea Utara dan membuat hotline baru untuk berbagi intelijen dengan cepat.

Para pemimpin Jepang, Korea, dan AS juga menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Mereka menyampaikan keprihatinan tentang apa yang mereka sebut sebagai “perilaku berbahaya dan agresif: yang dilakukan China di Laut China Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA