Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pentagon Bantah Putus Akses Jalur Darat Iran ke Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 13:36 WIB
Pentagon Bantah Putus Akses Jalur Darat Iran ke Suriah
Perbatasan Irak dan Suriah/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) membantah telah memutus akses jalur darat yang kerap digunakan milisi Suriah yang didukung Iran.

Sekretaris Pers Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder pada Kamis (17/8) membantah laporan media berbahasa Arab dan menegaskan bahwa pasukan AS tidak terlibat dalam keamanan di perbatasan Irak dengan Suriah.

"Saya tidak melacak perubahan signifikan dalam pasukan karena berkaitan dengan kekalahan misi ISIS di Suriah. Kami tidak menyediakan keamanan perbatasan. Itu peran pemerintah Irak," kata Ryder, seperti dikutip Al Monitor>

Komandan tertinggi pasukan koalisi AS, Mayor Jenderal Matthew McFarlane juga membantah laporan tersebut.

“Koalisi tidak mempersiapkan operasi militer untuk melumpuhkan siapa pun kecuali Daesh (ISIS). Kami tetap fokus pada Daesh,” tegasnya.

Jalan Qaim-Albukamal adalah rute akses utama bagi milisi yang didukung oleh Pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) yang mengalirkan senjata dan personel ke Suriah.

Iran mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah berusaha untuk memindahkan sistem senjata canggih ke Suriah. Pejabat AS dan Israel menyebut itu upaya yang disengaja untuk mengancam Israel.

Pasukan Amerika menarik diri dari Al-Qaim dan menyerahkan daerah itu ke kendali penuh pasukan keamanan Irak pada tahun 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA