Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping akan Hadiri Langsung KTT BRICS di Afrika Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 09:58 WIB
Xi Jinping akan Hadiri Langsung KTT BRICS di Afrika Selatan
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping akan menghadiri langsung KTT BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan) di Johannesburg pada pekan depan.

Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (18/8) mengonfirmasi kehadiran Xi yang akan mengunjungi Afrika Selatan pada 21-24 Agustus mendatang.

Selain menghadiri pertemuan BRICS, Xi juga akan memimpin bersama Dialog Pemimpin China-Afrika dengan timpalannya dari Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

BRICS merupakan sekelompok negara yang menyumbang seperempat ekonomi global. KTT pada pekan depan akan membahas upaya kelompok tersebut menjadi kekuatan geopolitik yang dapat menantang dominasi Barat.

BRICS juga membahas ekspansi anggota. Sejauh ini, dikutip Reuters, sekitar 40 negara telah menunjukkan minat untuk bergabung, baik secara formal maupun informal, termasuk Arab Saudi, Argentina, dan Mesir.

Ekspansi diharapkan menjadi agenda utama, karena sekitar 40 negara telah menunjukkan minat untuk bergabung, baik secara formal maupun informal, menurut Afrika Selatan. Mereka termasuk Arab Saudi, Argentina dan Mesir.

China, yang berusaha untuk memperluas pengaruh geopolitiknya saat berselisih dengan Amerika Serikat, telah mengatakan pihaknya menyambut lebih banyak mitra yang berpikiran sama untuk bergabung dengan BRICS.

Rusia juga mendukung ekspansi, sementara Brasil menolaknya.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menghadapi surat perintah penangkapan internasional atas dugaan kejahatan perang di Ukraina, akan bergabung melalui panggilan video alih-alih hadir secara langsung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA