Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Izinkan Denmark dan Belanda Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Agustus 2023, 08:30 WIB
AS Izinkan Denmark dan Belanda Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina
Jet tempur F-16/Net
rmol news logo Upaya Ukraina untuk mendapatkan jet tempur F-16 membuahkan hasil. Pasalnya Amerika Serikat (AS) telah menyetujui pengiriman  F-16 ke Ukraina dari Denmark dan Belanda setelah pelatihan pilot selesai.

Sejak menghadapi invasi Rusia, Ukraina berusaha untuk mendapatkan F-16 buatan AS demi memperkuat wilayah udara.

Menurut seorang pejabat AS pada Kamis (17/8), Washington memberi Denmark dan Belanda jaminan resmi untuk mempercepat persetujuan semua permintaan transfer F-16 pihak ketiga yang diperlukan ke Ukraina. Tetapi pengiriman hanya bisa dilakukan setelah pelatihan pilot selesai.

Denmark dan Belanda merupakan dua negara yang memimpin koalisi pelatihan untuk pilot Ukraina. Mereka baru-baru ini meminta jaminan tersebut.

Jaminan sendiri diberikan AS lewat surat yang disampaikan Menteri Luar Negeri Antony Blinken kepada mitranya di Denmark dan Belanda.

“Saya menulis untuk menyatakan dukungan penuh Amerika Serikat untuk transfer pesawat tempur F-16 ke Ukraina dan pelatihan pilot Ukraina oleh instruktur F-16 yang berkualitas,” kata Blinken dalam surat tersebut, seperti dikutip Reuters.

Presiden AS Joe Biden telah mendukung program pelatihan untuk pilot Ukraina pada F-16 pada Mei, tetapi sejauh ini belum ada pengiriman pasokan jet tempur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA