Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Napi Penjara Evin Tuding Iran Manfaatkan Sandera untuk Dapatkan Uang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Agustus 2023, 04:33 WIB
Mantan Napi Penjara Evin Tuding Iran Manfaatkan Sandera untuk Dapatkan Uang
Roxanne Tahbaz, putri Morad Tahbaz, dan Sacha Deshmukh, dari Amnesti, berkampanye di luar Kementerian Luar Negeri di London
rmol news logo Ungkapan kemarahan disampaikan Ana Diamond, salah seorang tahanan yang dibebaskan dari penjara Evin Iran atas kesepakatan Washington dan Teheran.

Diamond, yang ditahan selama empat tahun di Iran dan dijatuhi hukuman mati atas tuduhan yang menurutnya dibuat-buat, mengatakan kepada The National pada Senin (14/8), bahwa dia geram dengan dugaan pembayaran enam miliar dolar dalam proses pembebasan tahanan.

Ia berpendapat bahwa kebijakan rezim Teheran menahan secara tidak adil dua warga negara telah menjadi model bisnis yang menguntungkan bagi Korps Pengawal Revolusi Islam.

Penilaiannya dibuat setelah pembebasan empat tahanan pada Jumat termasuk Morad Tahbaz, seorang pengusaha dengan paspor Inggris, Amerika dan Iran, bersama tiga pria dan seorang wanita lainnya.

Laporan dari Washington menyarankan kesepakatan itu melibatkan Korea Selatan yang setuju untuk melepaskan dana Iran sebesar enam miliar dolar AS yang disimpan dalam penerimaan minyak.

Sementara para tahanan tetap menjadi tahanan rumah di Iran, tampaknya mereka akan diizinkan pergi hanya setelah uang dibayarkan.

“Saya dulu sangat gembira atas pembebasan sesama sandera, tetapi sekarang saya hanya merasa geram,” kata Diamond, yang bertugas di penjara Evin yang suram.

“Orang-orang ini seharusnya tidak pernah terikat dengan label harga dan pemerintah kita seharusnya sudah menemukan cara untuk mengakhirinya. Pengawal Revolusi Iran tertawa di hadapan kami," katanya.

Dia mengatakan diplomasi penyanderaan Iran benar-benar semuanya bermuara pada keuntungan dan dalam waktu sepuluh tahun terakhir itu berubah menjadi model bisnis yang menguntungkan.

Diamond, seorang peneliti pascasarjana di Universitas Oxford, ditangkap pada usia 19 tahun pada tahun 2014 setelah jaksa - termasuk presiden Iran saat ini - menuduhnya menjadi mata-mata untuk MI6, CIA dan Mossad.

Dia berargumen bahwa penangkapan, interogasi, dan persidangannya adalah mekanisme tawar-menawar, bagian dari pendekatan Iran untuk diplomasi sandera bertujuan untuk menggunakan pengaruh pada pemerintah Inggris untuk membayar 400 juta poundsterling (setara 505 juta dolar AS) utangnya kepada Teheran untuk kesepakatan tank tahun 1970-an.

Uang itu akhirnya dibayarkan untuk pembebasan Nazanin Zaghari-Radcliffe tahun lalu dalam kesepakatan yang serupa dengan yang dicapai minggu lalu.

“Ini bukan lagi tentang diplomasi tetapi tentang mengambil keuntungan dari mekanisme demokratis dan hati-hati dari pemerintah kita yang siap untuk bernegosiasi, bahkan dengan negara penyandera, untuk mendapatkan kembali warganya," kata Diamond geram.

Mantan tawanan Kylie Moore-Gilbert juga memperingatkan pembebasan itu akan memberikan insentif bagi Iran untuk menyandera lebih banyak.

PMoore-Gilbert, seorang akademisi Australia-Inggris , ditahan di penjara Evin atas tuduhan spionase palsu dan dijatuhi hukuman 10 tahun.

“Dalam pandangan saya, transfer aset Iran yang dibekukan di Korea Selatan sama dengan pembayaran uang tebusan,” katanya kepada The National .

Diamond mengatakan dia mendukung kampanye untuk membebaskan Morad Tahbaz  dan sandera lain Emad Shargi.

“Saya telah menyaksikan bagaimana anak perempuan mereka tampil di televisi nasional dan internasional untuk memohon pembebasan yang aman bagi ayah mereka,” katanya.

“Tapi saya berhak merasa marah dan bertanya 'kenapa ini masih dibiarkan terjadi? Berapa banyak lagi keluarga yang harus menanggung rasa sakit dan kekecewaan seperti itu?' ujarnya.

“Beberapa dari orang-orang ini – Siamak Namazi, misalnya – telah menghabiskan lebih dari setengah dekade di penjara Evin. Saya tidak akan menyebutnya sebagai kisah sukses ketika dia menghabiskan ribuan hari disiksa dan direndahkan, jauh dari keluarga dan kebebasannya. Dia seharusnya tidak pernah ditempatkan di posisi itu sejak awal – tidak satupun dari mereka seharusnya," kata Diamond. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA