Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Siap Lakukan Segala Cara untuk Dapatkan Uang yang Dibekukan Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 09 Agustus 2023, 23:39 WIB
Iran Siap Lakukan Segala Cara untuk Dapatkan Uang yang Dibekukan Korsel
Anggota Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Fada Hossein Maleki/Net
rmol news logo Berbagai cara akan Iran tempuh untuk bisa mendapatkan kembali uang senilai 7 miliar dolar AS atau Rp 106 triliun dari Korea Selatan.

Komitmen itu disampaikan anggota Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Fada Hossein Maleki dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Mehr News pada Rabu (9/8).

Maleki mengatakan, Iran akan melakukan apa pun untuk memastikan uang yang dibekukan Korea Selatan karena sanksi AS bisa dicairkan dan kembali ke Teheran.

"Kami telah berulang kali mengatakan bahwa Iran tidak akan duduk diam. Kami memiliki banyak cara yang akan merugikan Korea Selatan dan kami pasti akan menggunakannya," tegasnya.

Pernyataan Maleki muncul beberapa jam setelah parlemen Iran memulai prosedur pengajuan RUU terkait pencairan dana dari Korea Selatan yang terhambat oleh sanksi Barat.

RUU itu merupakan tanggapan atas janji Seoul yang tidak terpenuhi tentang pengembalian dana Iran.  Parlemen mengaku akan terus melakukan yang terbaik untuk membantu pemerintah mengamankan kekayaannya.

Sementara itu, Korea Selatan mengklaim sanksi AS terhadap Teheran membuat pengembalian dana melalui perbankan internasional hampir tidak mungkin dilakukan.

Dana yang dimiliki Iran di Korea meliputi uang yang harusnya dibayarkan Seoul ke Teheran untuk pembelian minyak dan produk minyak bumi sebelum tahun 2018. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA