Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Produk Dalam Negeri, PM India Luncurkan Website Khusus untuk Sektor Tenun Tangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 09 Agustus 2023, 14:31 WIB
Dukung Produk Dalam Negeri, PM India Luncurkan Website Khusus untuk Sektor Tenun Tangan
Perdana Menteri India di perayaan Hari Tenun Tangan Nasional di Bharat Mandapam di Pragati Maidan, Delhi pada Senin, 7 Agutus 2023/Net
rmol news logo Untuk mendorong pemasaran produk tenun tangan dalam negeri atau biasa disebut Khadi, Perdana Menteri India Narendra Modi meluncurkan portal web bernama "Bhartiya Vastra evam Shilpa Kosh" atau gudang tekstil dan kerajinan.

Mengutip India Narrative pada Rabu (9/8), peluncuran web dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Tenun Tangan Nasional di Bharat Mandapam di Pragati Maidan, Delhi, awal pekan ini.

Dalam pidato sambutannya, Modi menyoroti kontribusi Khadi India terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa dan daerah-daerah terpencil.

"Sembilan tahun lalu, omset yang dicapai Khadi hanya Rs 25-30,000 crores (sekitar Rp 55 triliun), sekarang sudah mencapai Rs 1.3 lakh crore (sekitar Rp 183 triliun)," ungkap Modi.

Modi mengatakan, peluncuran web Bhartiya Vastra evam Shilpa Kosh merupakan salah satu upaya pemerintah mempromosikan kerajinan tangan dan produk tenun tangan dari setiap negara bagian.

"Ini bukan lagi inisiatif  Local to Vocal lagi, melainkan sudah menjadi platform global yang mampu membawa Khadi mendunia," tegasnya.

Modi juga mencatat penjualan pakaian Khadi di luar negeri meningkat hingga lima kali lipat. Bahkan, CEO merek fesyen besar di Paris juga pernah menginformasikan kepadanya tentang ketertarikan mereka terhadap tenun tangan khas India.

Menurut laporan Niti Aayog, peningkatan sektor Khadi India telah membuat 131 juta orang keluar dari garis kemiskinan dalam lima tahun terakhir.

Sektor tekstil menjadi salah mata pencaharian utama dari warga India. Ratusan ribu orang dari desa dan kota di seluruh negara bagian, ikut terlibat dalam produksi Khadi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA