Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuatkan Kemitraan Maritim, Kapal Angkatan Laut India Berkunjung ke Papua Nugini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 09 Agustus 2023, 12:49 WIB
Kuatkan Kemitraan Maritim, Kapal Angkatan Laut India Berkunjung ke Papua Nugini
Awak kapal India saat berlabuh di pelabuhan Port Moresby, Papua Nugini pada pekan lalu/ANI
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan kerja sama maritim dan memperkuat kemitraan antara India dan Papua Nugini, kapal Angkatan Laut India, INS Sahyadri dan INS Kolkata berkunjung ke pelabuhan Port Moresby pekan lalu.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari The Print, Rabu (9/8), kunjungan itu telah menghadirkan interaksi yang bermanfaat antara personel Angkatan Laut India dan Pasukan Pertahanan Papua Nugini (PNG).

Selama kunjungan, para awak kapal Angkatan Laut India dikabarkan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bersama personel Pasukan Pertahanan PNG, yang meliputi pertukaran profesional, sesi Yoga, kunjungan kapal, serta interaksi budaya.

Sebagai bagian dari inisiatif, Yoga dilakukan oleh para awak kapal bersama dengan warga setempat yang dipimpin oleh Kapten Rajan Kapoor dari INS Sahyadri, di Port Moresby.

“Yoga hari ini dilakukan di Port Moresby oleh Pelaut India, dipimpin oleh Kapten Rajan Kapoor, INS Sahyadri, bergabung dengan Papua Nugini dari Program Pengembangan Kota Aktif. Yoga untuk kemanusiaan!,” kata Komisi Tinggi India dalam unggahannya di platform X.

Kolaborasi ini merupakan contoh konkret dari semangat persaudaraan global dan harmoni yang dianut oleh India dalam moto "Vasudheiva Kutumbakam", yaitu seluruh dunia adalah keluarga kita.

Kedua kapal, yaitu INS Sahyadri (kelas Fregat) dan INS Kolkata (kelas Destroyer), menjalankan kunjungan niat baik ke Papua Nugini sebagai bagian dari usaha memperkuat hubungan bilateralnya yang berlangsung dari 2 hingga 4 Agustus dan menunjukkan komitmen India dalam mengembangkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik.

Sejauh ini, India dan Papua Nugini telah menjalin hubungan hangat dan bersahabat selama beberapa dekade. Hubungan diplomatik resmi antara keduanya telah berlangsung sejak 19 Mei 1976, dan India telah mendirikan Komisi Tinggi di Port Moresby sejak April 1996.

Sebagai langkah penting dalam memperkuat ikatan ini, Perdana Menteri India Narendra Modi juga melakukan kunjungan ke Papua Nugini pada Mei lalu.

Dalam kunjungannya, PM Modi mengadakan KTT Forum Kerja Sama India-Kepulauan Pasifik (FIPIC) dan membahas kerja sama yang meliputi perdagangan, teknologi, kesehatan, dan lingkungan.

Modi juga telah mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Papua Nugini Bob Dadae untuk mempererat persahabatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA