Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Hutan Portugal Meluas, Ratusan Pemadam Dikerahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 18:14 WIB
Kebakaran Hutan Portugal Meluas, Ratusan Pemadam Dikerahkan
Petugas pemadam kebakaran saat tengah memadamkan api di Carrascal, Proenca a Nova, Portugal pada 6 Agustus/AFP
rmol news logo Ratusan pemadam kebakaran Portugal dikerahkan dan ribuan orang telah dievakuasi pada Selasa (8/8), ketika kobaran api terus meluas di selatan negara itu.

Tim pemadam kebakaran, yang kini mencapai lebih dari 850 orang, bersama dengan enam pesawat pengebom air, tengah berjuang melawan api yang pertama kali muncul di kotamadya Odemira, Alentejo, sejak akhir pekan lalu.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Shine, suhu udara ekstrim dan angin kencang telah mempersulit upaya pemadaman, yang sejauh ini telah menghanguskan 6.700 hektar lahan, dan memaksa hampir 1.400 warga dievakuasi.

Wali Kota Odemira, Helder Guerreiro, menggambarkan situasi tersebut sebagai situasi yang kritis, sulit, dan rumit, dengan banyaknya pekerjaan yang masih harus dilakukan untuk mengendalikan api.

"Kita berhadapan dengan situasi yang sangat mengkhawatirkan," ujar Ribeiro dalam konferensi pers, seraya menambahkan ada dua front api yang masih aktif, salah satunya di daerah pegunungan hijau subur Monchique di Algarve.

Sebagai tindakan pencegahan, sebanyak 19 desa kecil, termasuk satu di Monchique, serta empat lokasi wisata telah dievakuasi. Beberapa jalan juga terpaksa ditutup oleh pihak berwenang.

Sementara tiga distrik di bagian utara Portugal telah diberlakukan status siaga merah pada Selasa, karena diperkirakan akan menghadapi suhu mencapai 41 derajat Celsius di kota Castelo Branco.

Pihak berwenang telah menyatakan lebih dari 120 kotamadya di seluruh Portugal, termasuk di Lisbon, Alentejo, dan Algarve, berisiko tinggi mengalami kebakaran hutan.

"Kondisi cuaca dalam beberapa hari mendatang dapat menyebabkan kebakaran kecil berkembang menjadi bencana besar," ungkap Menteri Perlindungan Sipil negara bagian, Patricia Gaspar dalam konferensi pers. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA