Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen India akan Buka Sesi Debat Mosi Tidak Percaya terhadap Pemerintahan PM Modi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 13:21 WIB
Parlemen India akan Buka Sesi Debat Mosi Tidak Percaya terhadap Pemerintahan PM Modi
Perdana Menteri India, Narendra Modi/Net
rmol news logo Parlemen India akan menggelar sesi debat terkait mosi tidak percaya terhadap pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi pada Kamis (10/8).

Pemimpin partai oposisi, Rahul Gandhi, yang baru diangkat kembali sebagai anggota parlemen, akan memulai debat. Sementara anggota parlemen lain bersiap memberikan suara setelah debat.

Kendati begitu, BBC menyebut, mosi tidak percaya ini tidak akan mempengaruhi pemerintahan Modi karena Partai Bharatiya Janata (BJP) dan dan koalisi memiliki suara mayoritas di parlemen.

Alih-alih, debat tampaknya akan memaksa Modi untuk membahas bentrokan antaretnis yang berlangsung di negara bagian Manipur.

Mosi tidak percaya terhadap Modi muncul setelah oposisi menuntut agar sang PM berpidato di parlemen mengenai kekerasan di Manipur.

Sejauh ini, lebih dari 150 orang tewas dan puluhan ribu orang mengungsi di Manipur sejak awal Mei, ketika bentrokan etnis pecah antara mayoritas kelompok Meitei dan suku minoritas Kuki.

Menteri Dalam Negeri Federal Amit Shah mengatakan pemerintah siap untuk membahas masalah ini.

Ini adalah kedua kalinya pemerintah Modi menghadapi mosi tidak percaya sejak berkuasa pada 2014. Pada 2018, seorang anggota parlemen mengajukan mosi atas masalah pemberian status kategori khusus ke negara bagian Andhra Pradesh. Namun mosi tidak percaya dikalahkan setelah debat 12 jam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA