Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Iran Kunjungan ke Jepang untuk Pertama Kali Sejak 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 01:11 WIB
Menlu Iran Kunjungan ke Jepang untuk Pertama Kali Sejak 2019
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian/Net
rmol news logo Untuk pertama kali sejak 2019, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian melakukan kunjungan resmi ke Jepang dan menemui rekan seprofesinya, Yoshimasa Hayashi.

Mengutip Arab News, kunjungan langka dari Menlu Iran memang tidak diumumkan sebelumnya. Tetapi dirinya disebut telah tiba di Jepang pada Senin (7/8).

Amir-Abdollahian dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan Menlu Hayashi, juga dengan Perdana Menteri Fumio Kishida.

April lalu, Hayashi dan Amir-Abdollahian mengadakan diskusi melalui telepon. Saat itu, Menlu Jepang menyatakan dukungan negaranya untuk perjanjian nuklir 2015 dan mendesak Iran agar mau bekerja sama dengan Badan Pengawas Nuklir PBB (IAEA).

Jepang dan Iran secara tradisional menjaga hubungan persahabatan meskipun sempat menegang karena sekutu utamanya, AS berkonflik dengan Teheran.

Ketegangan itu masih berkaitan dengan kesepakatan nuklir 2015, di mana AS menarik diri dari perjanjian tersebut karena menduga Iran masih memperluas program nuklirnya secara besar-besaran. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA