Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tegang dengan Iran, AS Kirim Ribuan Tentara ke Laut Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Agustus 2023, 22:00 WIB
Tegang dengan Iran, AS Kirim Ribuan Tentara ke Laut Merah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mengirim ribuan pelaut dan marinirnya ke Laut Merah di tengah ketegangan yang terjadi dengan Iran di kawasan tersebut.

Armada Kelima Angkatan Laut AS mengatakan mereka menggunakan kapal perang USS Bataan dan USS Carter Hall.

"Unit-unit ini menambah fleksibilitas dan kemampuan operasional yang signifikan saat kami bekerja untuk mencegah aktivitas yang tidak stabil dan mengurangi ketegangan regional yang disebabkan oleh pelecehan dan penyitaan kapal dagang oleh Iran," kata jurubicara Armada Kelima Komandan Tim Hawkins kepada AFP.

Militer AS mengatakan Iran telah menyita atau berusaha untuk mengambil alih hampir 20 kapal berbendera internasional di kawasan itu selama dua tahun terakhir.

Pengerahan itu dilakukan setelah Washington mengatakan pasukannya memblokir dua upaya Iran untuk merebut kapal tanker komersial di perairan internasional di lepas pantai Oman pada 5 Juli.

Layanan maritim di Iran mengatakan salah satu dari dua kapal tanker, Richmond Voyager berbendera Bahama, bertabrakan dengan sebuah kapal Iran, melukai lima awak secara serius.

Bulan lalu, AS mengumumkan akan mengerahkan kapal perusak, pesawat tempur F-35 dan F-16, bersama dengan Grup Kesiapan Amfibi/Unit Ekspedisi Laut, ke Timur Tengah untuk mencegah Iran merebut kapal di Teluk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA