Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia dan Indonesia di Jajaran Sepuluh Ekonomi Terbesar Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Agustus 2023, 07:16 WIB
Rusia dan Indonesia di Jajaran Sepuluh Ekonomi Terbesar Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Laporan Ekonomi Dunia terbaru menyebutkan bahwa Rusia menjadi salah satu di antara lima ekonomi terbesar di dunia dan terbesar di Eropa dalam hal paritas daya beli (PPP) pada akhir tahun 2022, meskipun saat ini ada sanksi Barat yang melilitnya.

Menurut perkiraan berdasarkan data negara resmi yang diterbitkan oleh Bank Dunia dan IMF, produk domestik bruto Rusia mencapai 5,51 triliun dolar AS dalam bentuk PPP pada akhir tahun lalu.

Angka tersebut 38 persen lebih besar dari perkiraan resmi sebesar 3,993 triliun dolar AS, catat laporan tersebut, seperti dimuat RT, Jumat (4/8).

Ini juga menunjukkan bahwa ekonomi Rusia berada di atas Jerman ketika diukur dalam paritas daya beli, dengan PDB Jerman sebesar 5 triliun dolar AS.

Sementara itu, China menempati urutan teratas sebagai ekonomi terbesar dunia (31 triliun dolar AS), diikuti oleh Amerika, India, dan Jepang. 10 besar juga termasuk Indonesia, Brasil, dan Turkiye.

IMF dan Bank Dunia baru-baru ini menaikkan perkiraan mereka untuk ekonomi Rusia, mengatakan PDB akan terus tumbuh meskipun ada sanksi, didukung oleh perdagangan yang kuat dan produksi industri, serta pendapatan energi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Menurut Bank Dunia, pertumbuhan Rusia diperkirakan akan positif pada tahun 2024, tetapi akan tetap rendah di 1,2 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA