Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Serang Pelabuhan Danube di Perbatasan Ukraina-Rumania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 07:00 WIB
Rusia Serang Pelabuhan Danube di Perbatasan Ukraina-Rumania
Rusia menyerang pelabuhan Danube di perbatasan Ukraina dan Rumania/Net
rmol news logo Rusia dilaporkan telah menyerang pelabuhan Danube Izmail, Ukraina, yang terletak di seberang Sungai Danube dari Rumania pada Rabu (2/8).

Serangan ini berpotensi meningkatkan harga biji-bijian global karena gudang penyimpanan makanan di pelabuhan rusak.

"Biji-bijian Ukraina berpotensi memberi makan jutaan orang di seluruh dunia," kata Kementerian Pertahanan Ukraina, seperti dimuat Reuters.

Pelabuhan Danube telah berfungsi sebagai rute alternatif utama keluar dari Ukraina untuk ekspor biji-bijian sejak Rusia memperkenalkan kembali blokade de facto terhadap pelabuhan Laut Hitam Ukraina pada pertengahan Juli.

Video yang dirilis oleh otoritas Ukraina menunjukkan petugas pemadam kebakaran di tangga berjuang melawan kobaran api besar beberapa lantai di sebuah bangunan yang tertutup jendela pecah. Beberapa bangunan besar lainnya hancur, dan biji-bijian tumpah dari setidaknya dua gudang yang rusak.

Harga gandum Chicago melonjak 4 persen setelah serangan pada Rabu dan masih naik sekitar 2,5 persen kemudian di pagi hari.

Rusia tanpa henti menyerang infrastruktur pertanian dan pelabuhan Ukraina selama lebih dari dua minggu, sejak menolak untuk memperpanjang perjanjian yang telah mencabut blokade pelabuhan Ukraina pada masa perang tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA