Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Najib: Hubungan Baik Maroko dan Spanyol Menguntungkan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 01:20 WIB
Dubes Najib: Hubungan Baik Maroko dan Spanyol Menguntungkan Indonesia
Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib dan Duta Besar Maroko untuk Spanyol, Karima Benyaich dalam acara peringatan kenaikan takhta Raja Mohammed VI/Repro
rmol news logo Hubungan baik Spanyol dengan negara tetangganya, Maroko, memiliki dampak baik pula untuk Indonesia. Hal ini secara khusus dapat dilihat sebagai peluang perdagangan.

Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib berpendapat, hubungan ekonomi kedua negara tersebut sangat penting, termasuk untuk Indonesia. Itu lantaran keduanya merupakan jembatan bagi masing-masing.

"Jadi bagi Spanyol, Maroko ini merupakan pintu masuk Bangsa Afrika, maupun Bangsa Arab yang ada di Afrika Utara. Sementara bagi Maroko, Spanyol adalah pintu masuk ke wilayah Arab bagian utara Afrika dan negara-negara Afrika Tengah," ujarnya dalam video yang diunggah di kanal YouTube Wisma Duta RI Madrid pada Rabu (2/8).

Video tersebut merekam kegiatan Dubes Najib ketika memenuhi undangan Duta Besar Maroko di Spanyol, Karima Benyaich dalam acara peringatan kenaikan takhta Raja Mohammed VI.

Mengutip Dubes Karima, Dubes Najib menyoroti pentingnya Spanyol bagi Maroko karena letak geografis keduanya sangat dekat, hanya dibatasi oleh Selat Gibraltar.

Di samping itu, kedua bangsa tersebut juga telah berinteraksi selama berabad-abad dan saling menaklukan. Alhasil keduanya berbagai peradaban dan nilai-nilai yang dianut.

Ke depan, lanjut Dubes Najib, hubungan ekonomi kedua negara ini sangat penting, karena mereka membuat berbagai perjanjian sehingga memudahkan barang dan orang bergerak dari satu negara ke negara lainnya.

"Karena itu saya melihat ini pintu yang sangat strategis... dan Indonesia bisa mengirim barang-barang yang diperlukan oleh Maroko maupun negara-negara Arab di Afrika dan negara-negara Afrika secara keseluruhan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA