Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Impor Minyak Mentah China dari Rusia Mencapai Rekor Terbaru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 31 Juli 2023, 23:48 WIB
Impor Minyak Mentah China dari Rusia Mencapai Rekor Terbaru
Ilustrasi/Net
rmol news logo China menjadi salah satu negara yang memanfaatkan dengan baik diskon besar-besaran yang diberikan Rusia atas minyak mentahnya. Saat ini, impor minyak dari Rusia mencapai rekor baru, melonjak ke level tertinggi dalam tiga tahun.

Data dari Administrasi Umum Bea Cukai China menunjukkan bahwa impor Beijing dari Moskow pada Juni berjumlah 2,56 juta barel per hari, mewakili lonjakan 44 persen yang mengejutkan dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Menurut Reuters, kedua negara itu tercatat menambahkan 2,1 juta barel per hari (bpd) ke cadangan komersial atau strategisnya. Ini naik dari 1,77 juta barel per hari ditambahkan ke inventaris pada Mei, dan menjadi yang terbesar sejak Juni 2020.

Data menunjukkan, selama lima bulan pertama tahun ini China menambahkan sekitar 950.000 bpd ke inventaris, meningkat 28 persen dari 740.000 bpd yang ditambahkan sepanjang tahun 2022.

Pengiriman minyak mentah Rusia tahun-ke-tahun melonjak 22 persen pada paruh pertama 2023 menjadi 2,13 juta barel per hari, yang membantu Rusia menyalip mitra OPEC+ Arab Saudi sebagai pemasok tunggal terbesar ke importir minyak mentah utama dunia tahun ini. Pasokan dari Arab Saudi rata-rata 1,88 juta barel per hari antara Januari dan Juni, menurut perhitungan.

Reuters mengaitkan pertumbuhan impor yang kuat dengan pengetatan substansial yang diharapkan dari pasar minyak pada paruh kedua tahun ini.

Kelompok produsen OPEC+, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia, telah memangkas produksi dalam upaya menyeimbangkan pasar sejak November lalu.

Awal bulan ini, Rusia mengumumkan pemotongan lebih lanjut sebesar 500.000 barel per hari mulai Agustus menyusul langkah serupa oleh Arab Saudi.

Riyadh mengatakan akan memperpanjang pengurangan produksi minyak mentah sukarela sebesar 1 juta barel per hari untuk satu bulan lagi termasuk Agustus. Pemotongan akan berjumlah 1,5 persen dari pasokan global. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA